Breaking News:

Pesan Menyentuh Gubernur Anies Saat Peringati Hari Disabilitas Internasional

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pesan menyentuh saat memperingati Hari Disabilitas Internasional.

Istimewa/Dok Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak membantu penyandang disabilitas menggunakan layanan fasilitas DINA di Stasiun MRT Bundaran HI, Jumat (3/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pesan menyentuh saat memperingati Hari Disabilitas Internasional.

Orang nomor satu di DKI Jakarta ini berpesan agar masyarakat tidak memandang sebelah mata para penyandang disabilitas.

Ia pun minta agar warga Jakarta mengindaei sikap ableism, yaitu perasaan dan cara pandang yang membuat kita seolah memiliki kelebihan atas para penyandang disabilitas.

"Kita harus hindari ableism, perasaan bahwa semua itu memiliki kelebihan di atas penyandang disabilitas. Semua memiliki kesetaraan, kesamaan, hanya terdapat kebutuhan yang berbeda-beda," ucapnya, Jumat (3/12/2021).

Guna mewujudkan kesetaraan itu, Pemprov DKI bersama PT MRT Jakarta meluncurkan fasilitas layanan digital yang ramah bagi penyandang disabilitas bernama DINA (Digital Intelligent Assistant) di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Anies mengatakan, fasilitas tersebut merupakan bentuk nyata komitmen Pemprov DKI dalam menghadirkan kesetaraan bagi seluruh warga, termasuk penyandang disabilitas.

Baca juga: Universitas Trisakti Gelar Webinar TKMDII, Bahas Desain Interior untuk Disabilitas

“Kami di Pemprov DKI Jakarta memiliki komitmen untuk memberikan fasilitas yang setara bagi seluruh warga. Sebagian dari warga kita membutuhkan pelayanan khusus, seperti saudara kita penyandang disabilitas,” ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak membantu penyandang disabilitas menggunakan layanan fasilitas DINA di Stasiun MRT Bundaran HI, Jumat (3/12/2021).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak membantu penyandang disabilitas menggunakan layanan fasilitas DINA di Stasiun MRT Bundaran HI, Jumat (3/12/2021). (Istimewa/Dok. Pemprov DKI)

"Fasilitas ini (DINA) menjadi penanda bahwa masyarakat penyandang disabilitas bisa ke mana saja. Jika memperoleh dukungan pelayanan, mereka akan bisa mendapatkannya melalui DINA ini," sambungnya.

Dalam merancang fasilitas ini, Pemprov DKI turut melibatkan para penyandang disabilitas.

Baca juga: Kalimat Motivasi Prajurit TNI Disabilitas ke Istri Tentara yang Diamputasi: Ikhlas Obat Paling Utama

Tujuannya agar fasilitas yang disiapkan sesuai dengan kebutuhan mereka, terlebih para penyandang disabilitas memiliki treatment yang berbeda-beda.

"Karena, penyandang disabilitas ini bukan hanya jenisnya yang bervariasi tapi juga di tiap jenis ada spektrum yang berbeda-beda. Kita ingin semua spektrum terfasilitasi," kata Anies.

Selain itu, apabila penyandang disabilitas sebagai salah satu kelompok rentan di Jakarta terfasilitasi, maka warga kebanyakan juga akan terfasilitasi.

"Bila empat unsur masyarakat yang terdiri dari penyandang disabilitas, lansia, anak-anak dan perempuan ini terfasilitasi, insya Allah elemen rakyat yang lain juga terfasilitasi," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved