Breaking News:

PT TransJakarta Klaim Jumlah Penumpang Tidak Menurun Meski Marak Kasus Kecelakaan

PT Transjakarta menyatakan jumlah penumpang bus mereka tidak terpengaruh dengan kasus kecelakaan yang terjadi.

TribunJakarta.com/Bima Putra
Dirut Transjakarta M. Yana Aditya saat memberi keterangan di kantor PT Transjakarta, Makasar, Jakarta Timur, Sabtu (4/12/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - PT TransJakarta menyatakan jumlah penumpang bus mereka tidak terpengaruh dengan kasus kecelakaan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Direktur Utama PT TransJakarta M. Yana Aditya mengatakan hingga kini jumlah penumpang tidak mengalami penurunan dan masih mendapat kepercayaan dari pengguna transportasi umum.

Pun dia mengakui dalam tiga bulan terakhir terdapat dua kasus kecelakaan besar melibatkan Transjakarta, bahkan sampai mengakibatkan korban luka dan meninggal.

“Sampai hari Jumat (3/12/2021), pelanggan 505 ribu per hari. Kalau dilihat, jumlah pelanggan naik sebenarnya,” kata Yana di kantor PT TransJakarta, Makasar, Jakarta Timur, Sabtu (4/12/2021).

Kepercayaan penumpang ini yang disebut PT TransJakarta perlu dijaga dengan meningkatkan sistem manajemen keselamatan agar tidak ada lagi kasus kecelakaan pada armada.

Baca juga: Dianggap Bertanggung Jawab Atas Kecelakaan Beruntun, 3 Direksi Transjakarta Diminta Segera Dicopot

Di antaranya dengan melibatkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan audit aspek keselamatan, langkah ini baru pertama kali dilakukan PT TransJakarta.

“Ini (jumlah penumpang banyak) gambaran masih ada kepercayaan (masyarakat). Tapi kami tetap akan evaluasi, kami tetap mengutamakan pelanggan dan tetap meningkatkan pelayanan,” ujarnya.

Dirut Transjakarta M. Yana Aditya saat memberi keterangan terkait upaya pencegahan kecelakaan di kantor PT Transjakarta, Jakarta Timur, Sabtu (4/12/2021).
Dirut Transjakarta M. Yana Aditya saat memberi keterangan terkait upaya pencegahan kecelakaan di kantor PT Transjakarta, Jakarta Timur, Sabtu (4/12/2021). (Bima Putra / Tribun Jakarta)

Pada kesempatan terpisah, Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno menuturkan masyarakat tetap memilih menggunakan Transjakarta karena tidak memiliki banyak pilihan.

Dia meminta PT TransJakarta meningkatkan sistem manajemen keselamatan dengan melibatkan Ditjen Hubungan Darat Kementerian Perhubungan dan KNKT.

Baca juga: Petugas Korban Kecelakaan Bus Transjakarta Menabrak Pos Polisi Jalani Operasi

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved