Breaking News:

Hakordia 2021, DGB Universitas Trisakti Bahas Pemilu 2024: Bersatu Bangun Budaya Antikorupsi

Setiap tahunnya, DGB Universitas Trisakti berkomitmen untuk terus memperingati Hakordia lewat acara webinar yang dimulai sejak tahun 2020 lalu.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Istimewa
Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2021, Dewan Guru Besar (DGB) Universitas Trisakti menggelar webinar. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2021, Dewan Guru Besar (DGB) Universitas Trisakti menggelar webinar bertajuk Pemilu 2024 Yang Berintegritas.

Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) diperingati setiap tanggal 9 Desember.

Setiap tahunnya, DGB Universitas Trisakti berkomitmen untuk terus memperingati Hakordia lewat acara webinar yang dimulai sejak tahun 2020 lalu.

Dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-56 Universitas Trisakti, webinar kali ini mengangkat tema Pemilu 2024 Yang Berintegritas.

Dalam sambutannya, Ketua DGB Universitas Trisakti Syamsir Abduh menuturkan diperingatinya Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 berangkat dari fenomena sosial, politik dan ekonomi yang mempengaruhi negara di dunia. 

Selain merusak demokrasi, korupsi juga memperlambat pembangunan ekonomi dan berkontribusi pada ketidakstabilan pemerintah. 

Di sisi lain, korupsi turut menyerang lembaga-lembaga demokrasi dengan mendistorsi proses pemilu, memutarbalikkan supremasi hukum, serta menciptakan birokrasi suap. 

Baca juga: Pesan dari 3 Eks Anggota KPK yang Menolak Jadi ASN Polri di Hari Anti Korupsi Sedunia

Dijabarkannya, fakta menunjukkan tidak sedikit anggota Penyelenggara Pemilu seperti anggota KPU yang pada akhirnya mendekam di penjara karena tertangkap tangan oleh KPK dalam perkara suap atau jual beli suara oleh calon anggota legislatif yang hendak memperebutkan kursi Parlemen.

Belum lagi, anggota KPU baik pusat maupun di daerah yang terjerat perkara korupsi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Dalam catatan Transparansi Internasional Indonesia berdasarkan Survei yang mereka lakukan tahun 2020, menemukan angka yang begitu besar diatas 51% bahwa anggota legislatif kita sebagai lembaga yang paling korup di antara semua lembaga dan Instansi yang disurvei oleh TII.  Belum lagi, begitu banyaknya Kepala Daerah hasil dari Pemilu KADA yang juga terjerat kasus korupsi," kata dia dalam sambutannya seperti dikutip TribunJakarta.com, Kamis (9/12/2021).

Disebutkan, berdasarkan catatan KPK ada sebanyak 429 Kepala Daerah yang sudah terjerat kasus korupsi. 

Terdapat sejumlah daftar keynote speaker atau pembicara dalam webinar ini. Diantaranya adalah Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Rektor Universitas Trisakti Kadarsah Suryadi, Ketua Pansel Anggota KPU-Bawaslu 2021Juri Ardiantoro, Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Nur Agustyat, Ketua IKA Fakultas Hukum Universitas Trisakti Rivai Kusumanegara, dan dari ANKOR atau penyuluh anti korupsi Risno Pakur.

Lewat sambutannya, Syamsir turut mengajak semua pihak untuk saling bahu membahu bersatu padu dalam membangun budaya anti korupsi.

"Mari bersatu padu membangun budaya anti korupsi," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved