Breaking News:

Sekarang Seluruh Kru Pesawat Terbang Dari Luar Negeri Wajih PCR di Bandara Soekarno-Hatta

Seluruh kru dan awak kabin pesawat di Bandara Soekarno-Hatta wajib melakukan PCR setelah terbang dari luar negeri masuk ke Indonesia.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Jaisy Rahman Tohir
iStock
Ilustrasi Pesawat 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Seluruh kru dan awak kabin pesawat di Bandara Soekarno-Hatta wajib melakukan PCR setelah terbang dari luar negeri masuk ke Indonesia.

Hal itu untuk meningkatkan kewaspadaan masuknya Covid-19 varian B.1.1.529 atau Omicron melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta, Darmawali Handoko mengatakan, pengetatan terhadap personel pesawat udara yang dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta sejalan dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 106 Tahun 2021.

"Jadi selama ini untuk personel pesawat udara yang ketika masuk mereka tidak diharusakan tes PCR, namun mereka sekarang diharuskan melakukan PCR dan itu semua dilakukan kepada seluruh personel pesawat udara yang dari luar negeri yang masuk ke Indonesia," ujar Handoko, Kamis (9/12/2021).

Tindakan itu untuk mencegah Covid-19 varian Omicron masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Oleh karenanya, seluruh orang yang datang dari luar negeri melalui bandara terbesar di Indonesia itu harus menjalani tes PCR.

"Jadi logikanya, setiap yang datang dari luar negeri itu adalah kita harus praduga bersalah atau praduga dia membawa virus sampai dia dibuktikan tidak dengan dua kali melakukan PCR serta melakukan karantina sesuai ketentuan," jelas Handoko.

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta Persiapkan Beberapa Skenario Penerbangan Calon Jemaah Umrah

KKP Kelas I Soekarno-Hatta juga telah memberikan teguran kepada sejumlah maskapai lantaran, kedapatan membawa penumpang yang tidak dilengkapi hasil negatif Covid-19 menggunakan metode PCR.

"Kalau teguran, kita sudah 20-an kepada maskapai yang membawa penumpang yang tidak sesuai dengan ketentuan yang haruskan dalam perjalanan luar negeri," tutur Handoko.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved