Pria yang Lempari Mobil di Jalan DI Panjaitan Bakal Dibawa ke Panti Rehabilitasi

Pihak Sudin Sosial Jakarta Timur pun sudah berkoordinasi dengan jajaran Polres terkait penanganan kepada pelaku

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
Istimewa
Tangkapan layar video pria diduga gangguan jiwa saat melempari pengendara mobil yang melintas di Jalan DI Panjaitan dengan batu di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (13/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Pelaku pelemparan batu ke kendaraan di jalur cepat Jalan DI Panjaitan pada Senin (13/12/2021), masih diamankan di Mapolrestro Jakarta Timur.

Kasatpol PP Jakarta Timur Budhy Novian mengatakan pelaku yang berulah sekira pukul 11.00 WIB diamankan untuk pemeriksaan lanjut karena diduga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)

"Diduga orang dengan gangguan jiwa, saat ini yang bersangkutan masih di tahanan Polres. Jika nanti ada pengadu meminta diproses, maka masuk ranah pidana," kata Budhy di Jakarta Timur, Senin (13/12/2021).

Namun, bila dari hasil pemeriksaan dinyatakan gangguan jiwa, maka pelaku bakal diserahkan ke pihak Sudin Sosial Jakarta Timur untuk dibawa ke panti rehabilitasi.

Baca juga: Pergoki Suami Ikat dan Sekap Anak ODGJ di Kamar, Istri di Malang Malah Ajak 8 Teman Aniaya Korban

Pihak Sudin Sosial Jakarta Timur pun sudah berkoordinasi dengan jajaran Polres terkait penanganan kepada pelaku yang menurut warga sudah beberapa kali melakukan hal serupa.

"Tetapi karena gangguan jiwa pihak Sudin Sosial akan menjemput yang bersangkutan untuk dibawa ke panti rehabilitasi," ujarnya.

Sebelumnya, dalam video yang beredar tampak pelaku sedikitnya melempari batu ke pengendara mobil sebanyak lima kali, batu tersebut diambil dari taman di kolong Tol Wiyoto Wiyono.

Baca juga: Derita Sakit Lambung Akut, Pemulung Sebatang Kara Ditemukan Meningggal di Kontrakan Pademangan

Pada video berdurasi sekitar satu menit itu tampak tidak ada warga atau petugas yang mencoba mengamankan pelaku diduga karena takut jadi sasaran amuk lemparan batu pelaku.

"Setahu saya lemparan dia enggak ada yang kena mobil. Sebelumnya juga jarang yang kena. Dia itu selain lemparin batu juga kadang bawa belencong (alat penggali tanah)," tutur Susi, saksi mata.

Baca juga: Korban Rampok yang Laporannya Sempat Ditolak Polsek Pulogadung, Kini Tunggu Hasil Penyelidikan

Sementara, Kapolsek Jatinegara Kompol Yusup Suhadma mengatakan pelaku pelemparan batu sudah diamankan dan dari pemeriksaan dinyatakan Orang Dengan Gangguan jiwa Jiwa (ODGJ).

"Sudah diamankan di Polres, 44 (pasal KUHP mengatur kasus pidana orang dengan gangguan jiwa)," kata Yusup.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved