Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Depok

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Kota Depok Dimulai Besok

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati, mengatakan, vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun ini sesuai dengan Instruksi Kemedagri.

Freepik.com
Ilustrasi vaksin Covid-19 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS - Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Kota Depok bakal mulai digelar esok hari.

Rencananya, giat vaksinasi ini akan digelar perdana di SDN Depok I, Pancoran Mas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati, mengatakan, vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun ini sesuai dengan Instruksi Kementerian Dalam Negeri (Inmendagri).

“Kota Depok menjadi salah satu kickoff pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada usia 6-11 tahun sesuai instruksi menteri yang akan dimulai 14 Desember besok,” kata Mary Liziawati dilansir dari situs resmi Pemerintah Kota Depok, Senin (13/12/2021).

Pada pelaksanaan vaksinasi besok, jenis vaksin yang akan diberikan adalah sinovac kepada kelas III, IV, dan VI.

Sementara untuk kelas I, II, dan V, akan menyusul setelahnya musabab baru saja mengikuti Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

“Sasaran kami besok semua anak didik di kelas III, IV, dan VI yang tidak melaksanakan BIAS. Semoga pelaksanaannya berjalan lancar,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Ginting mengatakan, aturan program vaksinasi anak usia 6-11 tahun tercantum pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun Dimulai Besok, Berikut Lokasi untuk di Jakarta Utara

"Sudah diinstruksikan di Inmendagri Nomor 66 Tahun 66. Demikian percepatan vaksin menurut Inmendagri 64," ujar Alex saat dihubungi terpisah oleh Kompas.com, Sabtu (11/12/2021).

Menurutnya, program masih menunggu rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

5 hal yang perlu diketahui dari program vaksinasi anak:

1. Syarat pelaksanaan program vaksinasi

Menurut Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021, vaksinasi anak usia 6-11 tahun dapat berlangsung jika pemerintah daerah telah mencapai target vaksinasi minimal 70 persen untuk dosis pertama, dan 60 persen untuk vaksinasi dosis pertama bagi lansia sesuai dengan aturan yang berlaku. Beleid tersebut mulai berlaku pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved