Proyek Saluran Air di Jalan I Gusti Ngurah Rai Ditarget Rampung sebelum 25 Desember

Untuk pekerjaan crossing di dua titik sudah selesai di sisi Selatan, maka akan dilanjutkan ke sisi Utara mulai pekan ketiga atau keempat Desember ini.

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
timur.jakarta.go.id
Peta pembangunan saluran dan crossing atau sodetan di Jalan I Gusti Ngurah Rai menuju saluran penghubung Tegal Amba Kelurahan Klender Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Pengerjaan crossing saluran air dan saluran penghubung di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur masih berlangsung.

Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengatakan pengerjaan yang dimulai 3 September 2021 kini mencapai 85 persen dan ditargetkan rampung sebelum 25 Desember 2021.

Saat ini tersisa sekitar 25 meter yang belum dikerjakan dari target pengerjaan sepanjang 878 meter crossing dan saluran penghubung menuju Tegal Amba.

"Capaiannya sudah mencapai 85 persen dan ditargetkan sebelum 25 Desember pembangunan sudah selesai secara keseluruhan," kata Saugi saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Selasa (14/12/2021).

Baca juga: Pengerjaan Saluran Air di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan 10-12 Desember

Baca juga: Akhirnya, Bangunan Kafe di Atas Saluran Air Penyebab Banjir di Kemang Mulai Dibongkar

Untuk pekerjaan crossing di dua titik sudah selesai di sisi Selatan, maka akan dilanjutkan ke sisi Utara mulai pekan ketiga atau keempat Desember ini.

Pengerjaan crossing dan saluran penghubung ke Phb Tegal Amba di Jalan I Gusti Ngurah Rai di permukiman warga Kelurahan Klender yang selama ini dikeluhkan warga.

"Crossing di sisi Utara dalam pembuatan crossing kendalanya ada pipa PAM tiga jenis dan fiber optik yang melintang sehingga harus di relokasi dan sebagian kita cor," ujarnya.

Baca juga: Polemik Program Sumur Resapan, DPRD Minta Anies Maksimalkan Normalisasi & Tanggul Guna Atasi Banjir

Saugi menuturkan dua alat berat jenis crane dan satu beko dikerahkan dalam pengerjaan yang dimulai dari depan kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Timur.

Selama proses pengerjaan, pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat dari arah Duren Sawit menuju Kecamatan Cakung dialihkan melintas ke jalur Transjakarta.

"Kita berharap warga bisa melewati jalur reguler atau normal aktif kembali di minggu ketiga Desember. Satu halte Transjakarta di Kampung Sumur akan sedikit terganggu karena pengerjaan," tuturnya.

Pembangunan saluran ini berfungsi untuk mengendalikan banjir dari saluran warga di RT 007, RT 008 dan RT 009/RW 10 Kelurahan Klender yang sebelumnya kerap terjadi banjir dan genangan air tiap tahun saat musim penghujan.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved