Breaking News:

Piala AFF

"Timnas Indonesia Masih Bisa Pulang dengan Kepala Tegak dari AFF Singapura Asalkan"

Pria yang akrab disapa "Bung Kus" ini menjelaskan pemain timnas Indonesia mesti belajar dari kesalahan di leg pertama, terutama menghindari gol cepat

Roslan RAHMAN/AFP via Tribunnews
Pemain Timnas Thailand Bordin Phala (kanan) melakukan tendangan bebas saat pertandingan leg pertama final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Indonesia Vs Thailand di Stadion Nasional Singapura. Rabu (29/12/2021). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Setelah dipermalukan 0-4 dari Thailand pada lega pertama, leg kedua Final Piala AFF 2020 paa Sabtu (1/1/2022) besok menjadi harapan terakhir sekaligus penentu buat skuad Garuda. 

Timnas Indonesia masih berpeluang pulang ke Tanah Air dengan terhormat dari gelaran kejuaraan sepakbola se-Asia Tenggara itu.

Hal itu bisa terjadi jika Evan Dimas dkk memberikan penampilan lebih baik pada leg kedua dibandingkan leg pertama.

"Keluar dari turnamen dengan kepala tegak masih bisa terjadi asalkan penampilan di leg kedua (1/1/2022) nanti bisa lebih baik, lebih terorganisir, dan kompak," ujar pengamat sepak bola, Bung Kusnaeni.

Baca juga: Ketum PSSI Iwan Bule Mengaku Sakit usai Indonesia Dibekuk Thailand, Sangsi Terbang ke Singapura

Diketahui, saat leg pertama Final Piala AFF 2020 yang dihelat di Stadion Nasional Singapura pada Rabu (29/12/2021) lalu, para pemain Thailand dengan mudah mengalirkan bola hingga bisa melesakkan empat gol ke gawang Indonesia.

Gol kemenangan Thailand dicetak oleh Chanathip Songkrasin menit 2 dan dan 52, Supachok Sarachat menit 67 dan Bordin Phala menit 83.

Witan Sulaeman berusaha memperthanakan bola dari rebutan pemain Vietnam di ajang Piala AFF 2020, Rabu (15/12/2021).
Witan Sulaeman berusaha memperthanakan bola dari rebutan pemain Vietnam di ajang Piala AFF 2020, Rabu (15/12/2021). (PSSI)

Pria yang akrab disapa "Bung Kus" ini menjelaskan pemain timnas Indonesia mesti belajar dari kesalahan di leg pertama, terutama menghindari gol cepat musuh.

Baca juga: Psywar Jelang Final Piala AFF: Duduk Santai Sambil Ngopi Saja Thailand Bisa Juara   

Selain itu, Kusnaeni menjelaskan fokus dan konsentrasi pemain pun mesti terjaga hingga babak kedua, mengingat level Thailand jauh di atas Indonesia.

"Kalau jujur, sejak awal di final memang saya tidak berharap banyak. Di atas kertas Thailand lebih di atas Indonesia," tambahnya.

SINGAPURA - 29 DESEMBER: (kiri) Evan Dimas Darmono #6, I Kadek Agung Widnyana Putra #18, Dedik Setiawan #27 dan Witan Sulaeman #8 dari Indonesia bereaksi setelah kalah 0-4 dari Thailand pada leg pertama Final Piala AFF Suzuki di Stadion Nasional pada 29 Desember 2021 di Singapura.
SINGAPURA - 29 DESEMBER: (kiri) Evan Dimas Darmono #6, I Kadek Agung Widnyana Putra #18, Dedik Setiawan #27 dan Witan Sulaeman #8 dari Indonesia bereaksi setelah kalah 0-4 dari Thailand pada leg pertama Final Piala AFF Suzuki di Stadion Nasional pada 29 Desember 2021 di Singapura. (Yong Teck Lim / GETTY IMAGES ASIAPAC / Getty Images via AFP)

Lanjutnya, dirinya sempat berharap Indonesia mampu menahan imbang Thailand di leg pertama, atau hanya kalah tipis, sehingga Indonesia bisa tampil habis-habisan melawan Thailand pada leg kedua.

Baca juga: Persija Makin Garang, Makan Konate Ungkap Strateginya Berduet dengan Mesin Gol Marko Simic

Pengamat sepak bola, Mohamad Kusnaeni berfoto di depan banner Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019.
Pengamat sepak bola, Mohamad Kusnaeni berfoto di depan banner Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019. (Dok. Pribadi)

Namun, hasil empat gol tanpa balas cukup mengagetkannya.

"Di partai final, tekanan berbeda. Rata-rata pemain muda Indonesia minim pengalaman bertanding di final, dan mereka melawan tim senior."

"Tekanan di partai final berbeda dan pemain kurang siap. Penampilan Indonesianpun tidak cukup memuaskan ekspektasi masyarakat pada leg pertama," paparnya.

Pada leg kedua, Kusnaeni pun berharap agar pemain yang diturunkan Shin Tae Yong mampu tampil bagus dan bisa membuat Indonesia pulang dengan kepala tegak nantinya. 

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved