Gubernur RK Serahkan SK Plt Wali Kota Bekasi, Ini Ekspresi Tri Adhianto: Banteng Gantikan Beringin

Berbeda dengan Tri Adhianto, sang istri yakni Wiwiek Hargono justru terlihat menunjukkan ekspresi semringah dengan tatapan mata berbinar.

Istimewa
Gubnernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi kepada Wakil Wali Kota Tri Adhianto di rumah dinas Gubernur Jawa Barat, Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (7/1/2022). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar 

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto diangkat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi pasca-Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi ditangkap KPK karena kasus dugaan suap pengadaan proyek dan lelang jabatan.

SK pengangkatan Plt Wali Kota Bekasi tersebut diserahkan langsung Gubnernur Ridwan Kamil kepada Tri Adhianto di rumah dinas Gubernur Jawa Barat, Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (7/1/2022).

Tri datang bersama istrinya, Wiwiek Hargono, serta beberapa staf Pemkot Bekasi. 

Penyerahan berlangsung di rumah dinas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bandung yang turut dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat serta beberapa pejabat setempat. 

Baca juga: Total 9 Tersangka, Suap Wali Kota Bekasi Libatkan Pengusaha hingga Camat dan Lurah

Saat proses penyerahah SK, tampak Ridwan Kamil berbincang dengan Tri Adhianto.

Mereka juga berkesempatan melakukan foto bersama sambil menunjuk surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait jabatan Plt Wali Kota Bekasi

Dalam foto, tampak tatapan mata Tri Adhianto menunjukkan ekspresi datar. Hal serupa yang juga ditunjukkan Ridwan Kamil. 

Baca juga: Rahmat Effendi Diciduk KPK Diduga Kasus Suap Jabatan, Wakil Wali Kota Bekasi: Saya Enggak Tahu

Baca juga: Rahmat Effendi Ditangkap KPK, Wakil Wali Kota Bekasi: Mudah-mudahan Pak Wali Dapat Menjalani

Berbeda dengan Tri Adhianto, sang istri yakni Wiwiek Hargono justru terlihat menunjukkan ekspresi semringah dengan tatapan mata berbinar. 

"Jadi, hari ini Pak Wakil dipanggil ke Bandung karena kami tadi menyerahkan surat pengangkatan beliau sebagai Plt Wali Kota Bekasi," kata Ridwan Kamil dalam keterangan yang diterima TribunJakarta.com

"Dengan surat itu maka beliau bisa melakukan pelayanan publik, menandatangani dokumen, hal yang bersifat hukum karena tidak boleh ada kekosongan hukum," ucap Ridwan Kamil

Pria yang akrab disapa Emil ini menambahkan, penyerahan surat penugasan merupakan tindak lanjut dari Mendagri Tito Karnavian menyusul telah ditetapkannya Rahmat Effendi sebagai tersangka di KPK

"Nah surat ini sudah diserahkan langsung menindaklanjuti kemarin ada surat dari Mendagri Pak Tito yang memerintahkan provinsi untuk secepatnya mengirimkan surat ini kan," katanya. 

Baca juga: Gerindra dan PDIP Satu Suara soal Pengganti Anies: Heru Budi Hartono Dinilai Paham Jakarta

Sementara itu, Tri Adhianto mengatakan, dia akan menjalankan amanah sesuai yang ditetapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan. 

"Saya sudah menerima arahan dan bimbingan dari Gubernur Jawa Barat, dan kami akan tetap fokus melanjutkan program-program yang telah berjalan dalam rangka memajukan visi misi Kota Bekasi," Tutup Tri Adhianto.

Baca juga: Sehari, 2 Politikus Golkar di Depok dan Bekasi Berurusan Hukum: Kena OTT KPK & Kasus Mafia Tanah

Dengan pengangkatan Plt Wali Kota Bekasi ini, maka pucuk pimpinan Kota Bekasi kini berada di tangan Tri Adhianto yang merupakan Ketua DPC PDIP Kota Bekasi.

Diketahui, Rahmat Effendi merupakan Ketua Dewan Pertimbangan DPD Golkar Kota Bekasi yang menjadi Wali Kota Bekasi selama dua periode (2013-2018 dan 2018-2023) serta sempat menjadi Plt Wali Kota Bekasi pada 2011-2013 menggantikan Mochtar Mohamad yang tersandung korupsi di KPK.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi mengangkat Tri Adhianto sebagai pelaksana tugas (plt) Wali Kota Bekasi, Jumat (7/1/2022). 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved