Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Penumpang Pesawat dari 14 Negara Dilarang Masuk Indonesia Lewat Bandara Soekarno-Hatta:Ini Daftarnya

Penumpang pesawat terbang dari 14 negara dilarang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. Penumpang akan dideportasi jika telanjur masuk.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Wahyu Septiana
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Penumpang di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten - Penumpang pesawat terbang dari 14 negara dilarang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. Penumpang akan dideportasi jika telanjur masuk. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Penumpang pesawat terbang dari 14 negara dilarang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Larangan itu termaktub dalam surat edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19 yang terbit pada Jumat (7/1/2022).

Komandan Satgas Udara Covid-19 Bandara Soekarno-Hatta Letkol Agus Listiono mengatakan, WNA yang berasal dari 14 negara itu akan dideportasi jika telanjur masuk ke Indonesia.

"Untuk hari ini, sesuai dengan SE Satgas Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022, WNA yang berasal dari 14 Negara tersebut ditolak masuk atau dideportasi saat itu juga oleh Imigrasi," kata Agus saat dihubungi.

Berlandasan aturan itu, warga negara Indonesia (WNI) yang sempat transit atau mengunjungi 14 Negara tersebut dalam kurun waktu 14 hari ke belakang diwajibkan karantina kesehatan selama 10 hari setibanya di Indonesia.

Baca juga: Dinkes Kota Tangerang Telusuri Kontak Erat 2 Pegawai Bandara Soekarno-Hatta Positif Covid-19

"Dan bagi warga negara (Indonesia atau asing) yang tidak melewati negara tersebut, maka sesuai SE tersebut, kantina (kesehatan) tujuh hari," jelas Agus.

Kemudian, WNA yang sempat transit atau mengunjungi 14 Negara tersebut dalam kurun waktu 14 hari ke belakang juga dilarang memasuki Indonesia.

Kondisi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta di masa Natal dan Tahun Baru 2021, Kamis (30/12/2021).
Kondisi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta di masa Natal dan Tahun Baru 2021, Kamis (30/12/2021). (TribunJakarta.com/Ega Alfreda)

Berdasarkan SE Satgas Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022, sebanyak 14 negara yang dimaksud adalah Afrika Selatan, Boswana, Norwegia, Perancis, Angola, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambik, Namibia, Eswatini, Lesotho, Inggris, dan Denmark.

Empat negara pertama dilarang masuk ke Indonesia karena adanya transmisi komunitas Covid-19 varian Omicron.

Sementara, delapan negara selanjutnya tak boleh masuk Indonesia karena secara geografis terletak berdekatan dengan negara dengan transmisi komunitas.

Baca juga: 14 Pekerja di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Positif Omicron, Langsung Dilarikan ke Wisma Atlet

Untuk Inggris dan Denmark, larangan pemerintah didasari atas jumlah kasus konfirmasi Omicron yang melebih 10 ribu kasus. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved