Antisipasi Virus Corona di DKI

Cegah Klaster Covid-19, 63 Siswa SDN 01 Cipinang Muara Dites PCR

Sebanyak 63 siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur menjalani tes swab PCR.

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Istimewa
Siswa SDN 01 Cipinang Muara saat menjalani tes swab PCR dilakukan Puskesmas Kelurahan Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (10/1/2022) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Sebanyak 63 siswa kelas VI SDN 01 Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur menjalani tes PCR pada Senin (10/1/2022).

Satu per satu siswa diminta mengisi data diri berupa bama lengkap dan kelas, setelahnya mereka menjalani tes swab PCR dilakukan tenaga medis Puskesmas Kelurahan Cipinang Muara.

Selain dilakukan melalui swab lewat hidung, para siswa juga diminta untuk menyimpan dahak mereka pada wadah tabung kecil yang telah disediakan petugas medis.

Kepala SDN 01 Cipinang Muara, Osep Saepudin mengatakan kegiatan tersebut digelar guna memastikan tidak ada klaster Covid-19 pada kegiatan belajar tatap muka (PTM) 100 persen.

"Tujuannya untuk mengetahui setelah PTM 100 persen ini apa ada terjadi penularan, klaster, dan lain-lain," kata Osep di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (10/1/2022).

Tes swab PCR yang dilakukan ini juga mengacu pada Surat Edaran (SE) dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta yang disampaikan melalui jajaran Puskesmas Cipinang Muara.

Bila nanti hasil tes Swab PCR menunjukkan ada lebih dari 5-10 persen siswa terkonfirmasi Covid-19, maka kegiatan PTM dihentikan selama 14 hari dan kegiatan belajar kembali online.

Baca juga: 6 Warga Depok Terpapar Omicron, Wali Kota Beri Penjelasan

"Kalau terjadi penularan di bawah lima persen itu hanya tujuh hari, disetop diliburkan lagi (PTM)," ujarnya.

Osep menuturkan selain para siswa kelas VI, tenaga pendidik SDN 01 Cipinang Muara juga menjalani tes swab PCR yang hasil uji laboratoriumnya nanti akan keluar dalam waktu tiga hari.

"Untuk sementara PTK (Tenaga Kependidikan) dan kelas tinggi dulu, kelas enam, kelas enam ada 63 orang," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved