Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Besok! Lansia di DKI Bisa Dapatkan Vaksin Booster Gratis di Seluruh Puskesmas

Pemprov DKI Jakarta memastikan vaksin ketiga atau booster sudah siap diberikan untuk masyarakat umum di seluruh Puskesmas yang ada di DKI.

Freepik.com
Ilustrasi vaksin Covid-19 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta memastikan vaksin ketiga atau booster sudah siap diberikan untuk masyarakat umum di seluruh Puskesmas yang ada di DKI.

Hal ini diungkap Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat.

"Ya karena ini informasinya kan kita terima sesuai dengan tadi rilis dari tim Pak Presiden. Kita siapkan sesuai dengan kesiapan kita di lapangan untuk menginfokan kepada Puskesmas untuk siap menerima vaksinasi booster pada lansia," jelasnya di lokasi, Selasa (11/1/2022) malam.

Anak buah Anies Baswedan ini mengatakan warga dengan kategori lansia atau kelompok rentan dapat mendatangi Puskesmas di wilayah masing-masing.

Sebab, pihaknya telah melakukan kordinasi dengan pihak Puskesmas agar para lansia terlayani dengan baik.

Baca juga: H-1 Vaksinasi Booster, Pemkot Jaksel Masih Tunggu Kebijakan Dinkes DKI

Baca juga: Jelang Vaksin Booster 12 Januari, Pemprov DKI Jakarta Tunggu Kebijakan Pemerintah Pusat

"Kita sudah infokan ke semua puskemas. Nanti kita lihat seberapa banyak sasaran bisa sempat hadir,  karena kan dibutuhkan alur yang lebih  rapi karena lansia kasian ya kalo gak diatur dengar rapi. Intinya teman-teman Puskesmas sudah siap menerima kalau ada lansia yang akan melakukan vaksinasi," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan vaksinasi booster ini bersifat gratis.

Namun untuk penyuntikan di masyarakat umum, di mulai dengan kelompok rentan lebih dulu atau lansia.

"Terkait vaksin booster memang keterangan dari Kemenkes dapat dimulai Rabu, 12 Januari 2022, akan diberikan secara gratis. Minimal 6 bulan setelah vaksin dosis kedua, prioritasnya kepada lansia dan kelompok rentan, ini sebagai komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk kepentingan masyarakat,  termasuk variannya," ungkapnya

Untuk diketahui, pemerintah akan memulai program vaksinasi booster atau dosis ketiga Covid-19 pada 12 Januari 2022 mendatang.

Vaksin booster akan diberikan ke penduduk usia di atas 18 tahun, sesuai rekomendasi Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Selain itu, pemerintah juga sudah menyiapkan tiga opsi terkait program vaksinasi Covid-19 bagi lansia, yakni program pemerintah, penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan, dan mandiri alias berbayar.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved