Breaking News:

3 Pohon Tumbang di Jakarta Timur, Satu Timpa Kios Bensin Eceran Akibatkan Kerugian Rp 50 Juta

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Jakarta Timur pada Rabu (12/1/2022) sore mengakibatkan pohon di Kecamatan Pulogadung.

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Dokumentasi Damkar Jakarta Timur
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses evakuasi batang pohon yang tumbang di Pulomas Raya, Kelurahan Kayu Putih, Pulogadung, Rabu (12/1/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Jakarta Timur pada Rabu (12/1/2022) sore mengakibatkan pohon di Kecamatan Pulogadung, Pasar Rebo, dan Duren Sawit tumbang.

Pada pukul 18.07 WIB satu pohon di Jalan Pulomas Raya, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung dilaporkan tumbang dan menutupi sebagian akses jalan pengendara.

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, mengatakan pohon tersebut berjenis Cemara dengan tinggi sekitar enam meter.

"Untuk diameter pohonnya sekitar 30 sentimeter. Setelah mendapat laporan kita langsung kerahkan satu unit light rescue berikut enam personel ke lokasi," kata Gatot di Jakarta Timur, Rabu (12/1/2022).

Menggunakan gergaji mesin perlengkapan evakuasi, enam personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur memotong batang pohon yang tumbang.

Batang pohon tersebut dipotong jadi sejumlah bagian kecil agar memudahkan evakuasi, proses evakuasi ini juga dibantu sejumlah personel Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

"Alhamdulillah tidak ada korban dan kerugian materil akibat pohon tumbang. Kita mulai evakuasi pukul 18.13 WIB, selesai pukul 18.53 WIB. Untuk evakuasi tidak ada kendala," ujarnya.

Baca juga: Ini Kata Wali Kota Jika Ada Warga Tangsel Terpapar Omicron

Gatot menuturkan pada pukul 18.10 WIB pihaknya juga mendapat laporan satu pohon di Jalan Kalisari Raya, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo tepatnya depan SMK Budiwarman tumbang.

Tidak ada warga yang jadi korban, namun satu kios bensin eceran berada dekat lokasi rusak tertimpa batang pohon jenis Glodokan dengan tinggi sekitar 20 meter dan diameter 60 sentimeter.

"Kita kerahkan satu unit light rescue berikut lima personel untuk melakukan evakuasi. Mulai evakuasi pukul 19.45 WIB, selesai 20.30 WIB. Untuk kerugian materil sekitar Rp 50 juta," tuturnya.

Pada rentan waktu berdekatan, satu pohon jenis Petai Selong di Jalan Haji Naman, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit tumbang menimpa satu unit mobil dan motor.

Personel Damkar Jakarta Timur saat proses evakuasi batang pohon yang tumbang menimpa kios bensin eceran di Jalan Kalisari Raya, Pasar Rebo, Rabu (12/1/2022).
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses evakuasi batang pohon yang tumbang menimpa kios bensin eceran di Jalan Kalisari Raya, Pasar Rebo, Rabu (12/1/2022). (Dokumentasi Damkar Jakarta Timur)

Baca juga: Mobil Pikap Tabrak 4 Motor di Depan Mal Citos Jaksel, Seorang Drive Ojol Terkapar

Umi, saksi mata mengatakan pohon dengan tinggi sekitar delapan meter dan diameter 60 sentimeter tersebut tumbang karena terdampak hujan deras disertai angin kencang.

"Motor sama mobil yang tertimpa itu pas kejadian lagi parkir dekat lokasi. Tapi enggak parah rusaknya, cuman tertimpa dahan saja. Tadi batang yang tumbang diangkat sama PPSU," kata Umi.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved