Breaking News:

Personel Damkar Kewalahan Saat Evakuasi Buaya Muara Milik Prabowo di Duren Sawit

Jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur dibuat kewalahan saat mengevakuasi Buaya peliharaan warga pada Jumat (14/1/2022)

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Bima Putra/TribunJakarta.com
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses evakuasi Buaya Muara milik Prabowo Soenirman (65) di Duren Sawit, Jumat (14/1/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur dibuat kewalahan saat mengevakuasi Buaya peliharaan warga pada Jumat (14/1/2022).

Mereka kewalahan karena buaya muara milik Prabowo Soenirman (65), warga Komplek Dolog Jaya, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit melawan ketika dievakuasi.

Pengendali Kelompok B Sektor Kecamatan Duren Sawit, Yuono mengatakan Buaya Muara dengan panjang sekitar 3 meter itu melawan ketika jajarannya hendak masuk ke kandang.

"Untuk penangkapan agak sulit, dia sempat agak berontak dan kita agak kewalahan sedikit penangkapan," kata Yuono di Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (14/1/2022).

Awalnya, personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur menjulurkan tali tambang untuk menjerat bagian mulut dengan sangat berhati-hati.

Setelah bagian mulut Buaya terjerat tali, personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur masuk ke dalam kandang dengan luas sekitar 4x6 meter.

Reptil tersebut baru berhenti melawan usai kedua matanya ditutupi dengan kain lalu dievakuasi ke tandu milik Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur.

Buaya Muara milik Prabowo Soenirman (65) yang dievakuasi personel Damkar Jakarta Timur, Duren Sawit, Jumat (14/1/2022).
Buaya Muara milik Prabowo Soenirman (65) yang dievakuasi personel Damkar Jakarta Timur, Duren Sawit, Jumat (14/1/2022). (Bima Putra/TribunJakarta.com)

Baca juga: Jauh Sebelum Tertangkap Narkoba, Fico Fachriza Akui Dirinya Pernah Kecanduan Parah Sampai Jual Rumah

"Kalau jinak enggak juga, pasti melawan karena ada kita sempat ada perlawanan. Kita jumlah personel sekitar 10 orang, peralatan ada tandu untuk membawa Buaya," ujarnya.

Meski sempat kewalahan Yuono menuturkan proses evakuasi Buaya Muara terbilang cepat karena hanya butuh waktu sekitar 15 menit, dimulai pukul 09.45 WIB selesai pukul 10.00 WIB.

Pun baru sekira pukul 12.00 WIB Buaya Muara dibawa karena menunggu petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang berwenang menangani dan melepasliarkan.

"Pemilik meminta ke kita untuk evakuasi Buaya tersebut. Kita sudah koordinasi dengan BKSDA dan mereka siap untuk penampungan dan akan dilepas lagi ke habitat," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved