Vonis Gaga Muhammad

BRAKING NEWS: Dianggap Tak Sepenuhnya Merasa Bersalah, Gaga Muhammad Divonis 4,5 Tahun Penjara

Hal memberatkan lainnya karena Gaga tidak memberikan bantuan materi apa pun kepada Laura Anna, sehingga pihak keluarga Laura Anna meminta ganti rugi

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Selebgram Gaga Muhammad saat mengikuti sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (19/1/2022).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan vonis bersalah kepada selebgram Gaga Muhammad dalam perkara tindak pidana kelalaian berkendara.

Dalam sidang pembacaan vonis pada Rabu (18/1/2022), majelis hakim menyatakan Gaga terbukti bersalah lalai berkendara sehingga membuat selebgram Laura Anna lumpuh.

Dia terbukti melanggar Pasal 310 ayat 3 Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan karena mengemudikan mobil dalam pengaruh alkohol.

Ketua majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Lingga Setiawan menyatakan pihaknya menjatuhkan vonis hukuman empat tahun dan enam bulan penjara kepada Gaga.

Baca juga: Reaksi Gaga Muhammad Usai Dituntut 4,5 Tahun Penjara di Kasus Laura Anna, Kedua Orangtuanya Bungkam

"Menjatuhkan pidana penjara kepada Gaung Sabda Alam Muhammad pidana hukuman penjara empat tahun enam bulan dan denda Rp10 juta rupiah," kata Lingga di Jakarta Timur, Rabu (19/1/2022).

Vonis dari majelis hakim ini sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Jakarta Timur.

Gaga Muhammad sebagai terdakwa kasus kecelakaan yang melumpuhkan Laura Anna. Sidang berlangsung Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (4/1/2022).
Gaga Muhammad sebagai terdakwa kasus kecelakaan yang melumpuhkan Laura Anna. Sidang berlangsung Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (4/1/2022). (Wartakotalive.com/ Arie Puji Waluyo)

Hal yang memberatkan vonis di antaranya hakim tidak melihat bahwa Gaga selama persidangan menunjukkan rasa bersalah secara konsisten.

Sebab, dalam pembelaannya di persidangan, Gaga menyatakan kecelakaan yang mengakibatkan Laura Anna lumpuh bukan akibat kesalahan dia sepenuhnya.

Baca juga: Keluarga Minta Gaga Muhammad Ganti Rugi Rp 12 M, Kakak Laura Anna: Dia Gak Ada Bantuin Sama Sekali

"Terdakwa malah berusaha mengalihkan unsur kealpaan dan kelalaian atas kecelakaan ini serta akibat yaitu luka berat yang dialami korban adalah bagian dari kesalahan korban sendiri," ujarnya.

Dalam pembelaannya, Gaga menyatakan luka berat diderita Laura Anna akibat korban tidak mengenakan sabuk pengaman serta penanganan medis diberikan rumah sakit tidak tepat.

Hal memberatkan lainnya karena Gaga tidak memberikan bantuan materi apa pun kepada Laura Anna, sehingga pihak keluarga Laura Anna meminta ganti rugi sebesar Rp 2,6 miliar.

"Tindak pidana dilakukan dengan diawali dengan perbuatan mabuk, meminum minuman beralkohol dan tidak sesuai dengan ajaran agama yang saudara anut," tuturnya.

Selebgram Gaga Muhammad saat berkonsultasi dengan tim penasihat hukumnya terkait langkah hukum atas vonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (19/1/2022).
Selebgram Gaga Muhammad saat berkonsultasi dengan tim penasihat hukumnya terkait langkah hukum atas vonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (19/1/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Sementara, hal yang meringankan vonis karena majelis hakim mempertimbangkan usia Gaga yang masih muda, sehingga diharapkan dapat memperbaiki diri.

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab Utama Pemotor Wanita Acungkan Jari Tengah ke Polantas hingga Viral di Medsos

Setelah vonis dibacakan, Gaga yang dihadirkan langsung di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur dengan mengenakan kemeja lengan panjang putih menyatakan pikir-pikir.

Langkah pikir-pikir diambil setelah dia berkonsultasi dengan penasihat hukumnya selamanya beberapa detik untuk menentukan langkah hukum mengajukan banding atau tidak.

"Pikir-pikir," kata Gaga.

Serupa dengan Gaga, JPU Kejaksaan Negeri Jakarta Timur juga menyatakan pikir-pikir, dalam hal ini Gaga dan JPU sama-sama memiliki waktu tujuh hari untuk menentukan putusan.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved