Cerita Kriminal

Modus Lempari Mobil di Tol Wiyoto Wiyono Pakai Batu, Sariaman Curi 80 Batang Besi Aset Jalan Tol

Sariaman Sianturi (43) melempari pengendara mobil di Tol Wiyoto Wiyono wilayah Kecamatan Makasar, Jakarta Timur hanya modus melakukan pencurian.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Sariaman Sianturi (43) pelaku pencurian besi aset jalan tol dengan modus melempar batu ke pengendara mobil di Tol Wiyoto Wiyono wilayah Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Ulah Sariaman Sianturi (43) melempari pengendara mobil di Tol Wiyoto Wiyono wilayah Kecamatan Makasar, Jakarta Timur hanya modus melakukan pencurian.

Kanit Reskrim Polsek Makasar Iptu Mochamad Zen mengatakan berdasar hasil penyelidikan Sariaman yang ditangkap pada Jumat (21/1/2022) merupakan pelaku pencurian besi.

"Jadi modusnya melempari batu ke pengendara mobil yang melintas di tol untuk mengalihkan perhatian anggota PJR (Patroli Jalan Raya) dan petugas," kata Zen di Jakarta Timur, Minggu (23/1/2022).

Saat perhatian anggota PJR dab petugas tol tertuju fokus menolong pengendara mobil yang jadi korban dia mencuri besi aset jalan seperti pembatas jalan dan penerangan jalan umum (PJU).

Caranya dengan memotong besi-besi tersebut menggunakan gergaji besi, tang potong hingga mempreteli menggunakan kunci inggris, obeng, dan sejumlah perkakas lainnya.

Baca juga: Fakta Penumpang Ojol Tewas dalam Kecelakaan di Kebon Jeruk, Kondisi Helm Utuh

"Jadi dia ini pelaku Curat (pencurian dengan pemberatan). Saat diamankan kemarin ada barang bukti tas warna hitam berisi gergaji besi, tang potong, kunci inggris, obeng, alat kikir, dan batu," ujarnya.

Zen menuturkan saat pihaknya mendatangi lokasi pencurian besi aset jalan tol yang dicuri Sariaman untuk dijual ke penadah pun didapati sejumlah bagian besi raib.

Tampak sisa besi aset jalan tol yang dicuri Sariaman Sianturi dengan modus melemparkan batu ke pengendara mobil, Makasar, Jakarta Timur
Tampak sisa besi aset jalan tol yang dicuri Sariaman Sianturi dengan modus melemparkan batu ke pengendara mobil, Makasar, Jakarta Timur (ISTIMEWA)

Dari hasil penyelidikan sementara sedikitnya ada 80 bagian besi aset jalan tol sudah dicuri Sariaman lalu dijual ke penadah yang kini dalam pengejaran Unit Reskrim Polsek Makasar.

"Memang ketika awal diamankan pelaku ini karena kasus pelemparan batu. Tapi setelah kita lidik dan sidik ternyata dia pelaku pencurian besi. Sekarang sudah tersangka," tuturnya.

Atas perbuatannya Sariaman yang kini ditahan di Rutan Mapolsek Makasar disangkakan pasal 363 KUHP tentang Pencurian Disertai Pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Baca juga: Panti Pijat di Kawasan Serpong, Ternyata Alih Fungsi jadi Tempat Prostitusi

Sebelumnya, seorang pengendara mobil jadi korban pelemparan batu di Jalan Tol Wiyoto Wiyono wilayah Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, pada Jumat (21/1/2022) malam.

Korban, Keyli mengatakan atap mobil berpelat B 1261 EZE miliknya rusak akibat lemparan batu berdiameter sekitar 10 sentimeter yang dilempar pelaku dari bagian atas jalan tol.

"Saya jalan dari arah Jakarta, tujuan ke Depok. Kan saya mau masuk ke Jagorawi ya, nah pas di terowongan itu ada suara kencang," kata Keyli.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved