Antisipasi Virus Corona di Tangsel

1 Pasien Omicron di Tangsel Meninggal Dunia, Kepala Dinas Kesehatan Ungkap Penularan Cepat

Seorang pasien terkonfirmasi Omicron di Tangerang Selatan (Tangsel) meninggal dunia. Pasien tersebut sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Sari Asih Cipu

Justin TALLIS / AFP
Gambar ilustrasi yang diambil di London pada 2 Desember 2021 menunjukkan empat jarum suntik dan layar bertuliskan 'Omicron', nama varian baru covid 19, dan ilustrasi virus. 

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG SELATAN - Seorang pasien terkonfirmasi Omicron di Tangerang Selatan (Tangsel) meninggal dunia.

Pasien tersebut sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat.

Kabar tersebut disampaikan Juru Bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi pada Sabtu (22/1/2022).

"Satu kasus merupakan transmisi lokal yang meninggal di RS Sari Asih Ciputat. Satu lagi merupakan pelaku perjalanan luar negeri yang meninggal di RSPI Sulianti Saroso," kata Siti Nadia.

Kabar meninggalnya seorang dari dua pasien tersebut dibenarkan pihak RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). 

Humas RS Sari Asih Ciputat, Akhmad Koharudin saat dikonfirmasi tribuntangerang.com. 

"Pasien meninggal dunia pada tanggal 12 Januari 2022," katanya melalui keterangan tertulisnya, Ciputat, Kota Tangsel, Sabtu (22/1/2022).

Akhmad mengatakan pasien tersebut merupakan seorang lanjut usia (lansia) dengan inisial MR. 

Baca juga: Tak Perlu Jelaskan ke Tetangga, Senangnya Pasutri Tertangkap Usai Jual Bakso Ayam Tiren Sejak 2015

Pasien dinyatakan positif covid-19 seusai menjalani pemeriksaan dan swab test. 

"Pasien inisial Mr (64) datang ke IGD tanggal 11 Januari 2022 dengan beberapa keluhan dan penurunan kesadaran. Dari hasil observasi, pasien memiliki riwayat penyakit komorbid," ungkap Akhmad. 

"Saat dilakukan diagnosa penyakit melalui rontgen, tes antigen dan PCR Swab, pasien dinyatakan positif covid 19. Pasien diduga terinfeksi covid varian omicron berdasar pemeriksaan SGTF (S gene target failure), namun belum dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS)," sambungnya.

Kepala Dinkes Tangsel: Penularan Cepat

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar, mengakui adanya lonjakan kasus Covid-19 yang signifikan sepanjang januari 2022 ini.

Allin melihat meroketnya penularan virus ganas itumerupakan ulah varian baru, Omicron.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved