Pemkot Jakarta Timur Batal Bongkar Portal di Perumahan Cibubur Indah III, Apa Alasannya?

Pemkot Jakarta Timur batal membongkar portal di Jalan Al Hidayah I dan II perbatasan RW 06 dengan RT 05/RW 11, Kelurahan Cibubur. Apa alasannya?

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Jajaran Satpol PP Jakarta Timur saat membuka portal di Jalan Al Hidayah I dan II perbatasan RW 06 dan RW 11, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Rabu (2/2/2022) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Pemkot Jakarta Timur batal membongkar portal di Jalan Al Hidayah I dan II perbatasan RW 06 dengan RT 05/RW 11, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas.

Portal yang dibuat warga RW 11 perumahan Cibubur Indah III batal dibongkar setelah dilakukan proses mediasi antara kedua belah pihak pada Rabu (2/2/2022).

Camat Ciracas Mamad mengatakan dari hasil mediasi tersebut disepakati kedua portal bakal disfungsi kembali dengan sistem buka tutup saat warga RW 06 hendak melintas.

"Alhamdulillah hari ini sudah mencapai kesepakatan, dan secara teknis akan kita bahas tekait dengan difungsikan kembali dengan penjagaan bersama," kata Mamad di Jakarta Timur, Rabu (2/2/2022).

Nantinya masing-masing warga di wilayah akses portal bakal menyewa petugas keamanan untuk berjaga, sehingga warga RW 06 tetap dapat melintas menuju akses Jalan Lapangan Tembak.

Baca juga: Portal Perumahan di Cibubur yang Tutup Akses Jalan Warga Bakal Dibongkar

Baca juga: Pesan Kamar Hotel Berdua, Beni Ditemukan Terluka Tak Bernyawa, Teman Lelaki Kabur Tabrak Portal

Solusi ini dianggap lebih efektif dibanding hasil mediasi yang sebelumnya dilakukan di tingkat Kelurahan, Kecamatan, hingga tingkat Wali Kota Jakarta Timur tapi tidak disepakati kedua pihak.

"Buka tutup, ya dengan pembiayaan bersama. Mudah-mudahan ini kputusan yang terbaik ya jangan sampai nanti je depan saya berharap tidak ada konflik lagi di dua wilayah itu," ujarnya.

Jajaran Satpol PP Jakarta Timur saat membuka portal di Jalan Al Hidayah I dan II perbatasan RW 06 dan RW 11, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Rabu (2/2/2022)
Jajaran Satpol PP Jakarta Timur saat membuka portal di Jalan Al Hidayah I dan II perbatasan RW 06 dan RW 11, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Rabu (2/2/2022) (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Ketua RT 05/RW 11, Bob Hardian menuturkan dalam waktu dekat pihaknya bakal melakukan pertemuan dengan warga RW 06 guna membahas teknis buka tutup dan penjagaan portal.

"Yang kita harapkan dari keepakatan ini, kita akan sama-sama menjaga keamanan masing-masing. Dan nanti masalah teknis bagaimana mekanisme buuka tutupnya kita akan duduk bersama-sama," tutur Bob.

Ketua RW 06 Parlan mengatakan setuju dengan hasil kesepakatan meski di satu sisi keberatan karena harus ikut patungan membayar petugas keamanan untuk berjaga di lokasi.

Menurutnya semenjak portal ditutup karena pandemi Covid-19, warganya yang mengemudikan motor harus mencari rute lain untuk menuju Jalan Lapangan Tembak yang jaraknya sekitar 700 meter.

"Ini masih kita musyawarahkan dengan masyarakat karena ini kan tambahan baru. Harapan kita buka tutup saja, kalau sudah buka tutup berarti normal saja. Buka jam 5 tutup jam 7. Enggak harus ada keamanan," kata Parlan.

Portal Perumahan di Cibubur yang Tutup Akses Jalan Warga Bakal Dibongkar

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved