Berdayakan Ekonomi Digital di Pedesaan, Dosen UI Sabet AIS Award 2021

Penghargaan itu diberikan setelah Fithra dan tim risetnya melakukan penelitian aksi untuk memberdayakan ekonomi pedesaan berbasis teknologi digital.

brinknews via Tribunnews
Ilustrasi ekonomi digital 

TRIBUNJAKARTA.COM - Direktur eksekutif Next Policy yang juga dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Fithra Faisal Hastiadi, mendapat penghargaan The AIS Impact Award 2021 dari asosiasi nirlaba internasional, Association for Information Systems (AIS) yang berlokasi di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Penghargaan itu diberikan setelah Fithra dan tim risetnya melakukan penelitian aksi untuk memberdayakan ekonomi pedesaan berbasis teknologi digital.

 
“Tentu sebuah kebanggaan dapat berkolaborasi dengan sosok brilian seperti Doktor Carmen Leong, Doktor Felix Ter Chian Tan dan Profesor Amelia Fauzia dalam proses riset yang telah kami lakukan sejak 2018 lalu," ujar Fithra dikutip dari keterangannya, Rabu (2/2/2021).

"Kami berharap riset kami mampu mendorong dampak positif dari pemanfaatan teknologi digital bagi kesejahteraan masyarakat”, sambungnya.

Baca juga: Dukung Inovasi Pemprov, Bank DKI Tingkatkan Layanan Digital ke Komunitas di Jakarta

Dilansir dari situs resmi AIS, The AIS Impact Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada siapapun baik individu atau kelompok riset yang berkontribusi dalam memberdayakan masyarakat melalui penelitian-penelitian seputar sistem informasi.

Direktur eksekutif Next Policy sekaligus dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Fithra Faisal Hastiadi
Direktur eksekutif Next Policy sekaligus dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Fithra Faisal Hastiadi (Istimewa)

Penganugerahan The AIS Impact Award 2021 sendiri diberikan pada 12-15 Desember 2021 lalu di Austin, Texas, Amerika Serikat di mana Fithra adalah salah satu penerimanya.

Riset bertajuk The emancipatory potential of digital entrepreneurship: A study of financial technology-driven inclusive growth yang dilakukan sepanjang 2018 hingga 2021 ini juga didukung oleh The Ford Foundation bersama Kementerian Dalam Negeri RI.

Baca juga: Peran Perempuan dalam Ekonomi, Koperasi Ini Beri Bimbingan Warga agar Siap Masuki Pasar Digital

 
“Saya mengucapkan terima kasih kepada para tim riset serta seluruh pihak yang membuat penelitian ini terlaksana dengan baik," kata Fithra yang juga komisaris InfraDigital Nusantara itu.

"Saya pun mengucapkan terima kasih kepada AIS atas penghargaan yang sangat berkesan. Semoga ini memantik kami para peneliti untuk lebih giat mengabdikan ilmu pengetahuan yang telah kami pelajari bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat”, pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved