Damkar Turun Tangan Evakuasi Pohon Setinggi 10 Meter yang Tumbang Timpa Atap RPTRA di Cakung

Atap RPTRA Griya Tipar Cakung di Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur tertimpa Pohon Angsana.

Istimewa
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses evakuasi batang Pohon Angsana yang tumbang menimpa atap RPTRA Griya Tipar Cakung, Kamis (10/2/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Atap Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Griya Tipar Cakung di Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur tertimpa Pohon Angsana.

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan atap RPTRA Griya Tipar Cakung tersebut tertimpa pada Kamis (10/2/2022) pukul 13.30 WIB.

"Kita dapat laporan dari pengelola RPTRA. Pohon yang tumbang memiliki diameter 1,5 meter dan tinggi 10 meter," kata Gatot saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Kamis (10/2/2022).

Beruntung tidak ada korban dalam kejadian dan bangunan RPTRA Griya Cakung tidak mengalami kerusakan berat karena bagian atap hanya tertimpa sejumlah batang.

Satu unit truk rescue berikut empat personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur dikerahkan guna mengevakuasi batang pohon.

Baca juga: Imbas Hujan Deras dan Angin Kencang Terjang Depok, Pohon Tumbang Tutupi Jalan Raya Tapos

"Kita mulai evakuasi pukul 13.45 WIB, selesai pukul 14.10 WIB. Evakuasi dilakukan dengan cara memotong batang pohon menggunakan gergaji mesin perlengkapan evakuasi kita," ujarnya.

Gatot menuturkan dari hasil pemeriksaan pohon tersebut tumbang karena kontur tanah tempat bercokol gambut, atau lunak sehingga diduga mengakibatkan akar tidak kuat menopang.

Personel Damkar Jakarta Timur saat proses evakuasi batang Pohon Angsana yang tumbang menimpa atap RPTRA Griya Tipar Cakung, Kamis (10/2/2022)
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses evakuasi batang Pohon Angsana yang tumbang menimpa atap RPTRA Griya Tipar Cakung, Kamis (10/2/2022) (Istimewa)

Warga yang hendak melaporkan kebakaran dan evakuasi bisa menghubungi WhatsApp Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur di +628119197113.

"Bisa juga melapor ke 112, 021​ 8590 4904, atau 021​ 858 2150​ yang semuanya siaga 24 jam. Sekarang kita juga ada aplikasi Go-Damkar yang bisa diunduh gratis di Play Store untuk memudahkan laporan warga," tuturnya.

Baca juga: Hujan dan Angin Kencang, Tiga Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Bekasi

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved