Antisipasi Virus Corona di DKI

Januari-Tengah Februari 2022, 214 Jenazah Covid-19 Dimakamkan di TPU Rorotan

Jumlah jenazah Covid-19 yang dimakamkan di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, mengalami peningkatan.

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Lurah Rorotan Idham Mugabe, saat ditemui pada Rabu (16/2/2022), memaparkan jumlah jenazah Covid-19 kembali meningkat di TPU Rorotan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Jumlah jenazah Covid-19 yang dimakamkan di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, mengalami peningkatan.

Selama periodr Januari hingga pertengahan Februari 2022, sudah ada sebanyak 214 jenazah terpapar Covid-19 yang dimakamkan di TPU tersebut.

Lurah Rorotan Idham Mugabe mengatakan, jumlah tersebut terhitung per tanggal 1 Januari hingga 15 Februari 2022 ini

"Untuk bulan Januari sendiri berdasarkan data ini ada sebanyak 40 yang melaksanakan pemakaman. Kemudian di bulan Februari sampai dengan tanggal 15, sudah sebanyak 174 jenazah," jelas Idham saat ditemui, Rabu (16/2/2022).

Idham membenarkan bahwa peningkatan jumlah jenazah ini berkesinambungan dengan lonjakan kasus virus corona, terutama dengan adanya varian Omicron.

Baca juga: Kasus Corona Meningkat, TPU Rorotan Mulai Kembali Kedatangan Ambulans Jenazah Covid-19

Grafik jumlah pemakaman mulai terlihat meningkat di akhir Januari, meski pada bulan itu tidak setiap hari ada yang dimakamkan.

"Kita lihat di tanggal 28 itu sudah mulai terisi empat hari berturut-turut. Sebelumnya di Januari itu mungkin terisi tapi ada hari-hari juga yang kosong untuk pemakaman Covid-19," ucapnya.

"Sejak Januari akhir, hingga pertengahan Februari ini grafiknya terus meningkat, paling tinggi di tanggal 13 Februari kemarin sebanyak 19 per hari," sambung Lurah.

Petugas mengangkut peti jenazah Covid-19 menggunakan bambu di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (16/2/2022). Kasus Covid-19 yang meningkat sejak akhir Januari disusul peningkatan angka kematian harian sehingga TPU Rorotan kembali diramaikan mobil ambulans pada pertengahan Februari.
Petugas mengangkut peti jenazah Covid-19 menggunakan bambu di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (16/2/2022). Kasus Covid-19 yang meningkat sejak akhir Januari disusul peningkatan angka kematian harian sehingga TPU Rorotan kembali diramaikan mobil ambulans pada pertengahan Februari. (TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

Berdasarkan pantauan TribunJakarta.com Rabu siang, mobil ambulans Dinas Pemakaman dan Hutan Kota DKI Jakarta terpantau silih berganti berdatangan ke TPU Rorotan.

Mobil-mobil tersebut diisi petugas berpakaian alat pelindung diri (APD) lengkap.

Setiap ambulans mengangkut peti jenazah kayu berwarna putih dan mengarah ke dua blok makam di TPU Rorotan.

Siang ini, terpantau prosesi pemakaman berjalan di kedua blok makam tersebut, yakni Blok Makam Syuhada khusus jenazah muslim dan Santo Yosef-Arimatea untuk jenazah nasrani.

Baca juga: Kasus Meningkat Lagi, TPU Rorotan Mulai Ramai Kedatangan Jenazah Pasien Covid-19

Setelah tiba di jalan yang membatasi kedua blok makam, tampak petugas berpakaian APD lengkap turun dari ambulans dan menyiapkan peralatan pemakaman.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved