Antisipasi Virus Corona di DKI

Kasus Corona Meningkat, TPU Rorotan Mulai Kembali Kedatangan Ambulans Jenazah Covid-19

Pemakaman khusus corona TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, mulai kembalai kedatangan ambulans jenazah pasien Covid-19 seiring meningkatnya kasus.

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Petugas mengangkut peti jenazah Covid-19 menggunakan bambu di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (16/2/2022). Kasus Covid-19 yang meningkat sejak akhir Januari disusul peningkatan angka kematian harian sehingga TPU Rorotan kembali diramaikan mobil ambulans pada pertengahan Februari. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Pemakaman khusus corona TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, mulai kembalai kedatangan ambulans jenazah pasien Covid-19 seiring meningkatnya kasus.

Pantauan TribunJakarta.com Rabu (16/2/2022) siang, mobil ambulans Dinas Pemakaman dan Hutan Kota DKI Jakarta terpantau silih berganti berdatangan.

Mobil-mobil tersebut diisi petugas berpakaian alat pelindung diri (APD) lengkap.

Setiap ambulans mengangkut peti jenazah kayu berwarna putih dan mengarah ke dua blok makam di TPU Rorotan.

Siang ini, terpantau prosesi pemakaman berjalan di kedua blok makam tersebut, yakni Blok Makam Syuhada khusus jenazah muslim dan Santo Yosef-Arimatea untuk jenazah nasrani.

Baca juga: Kasus Meningkat Lagi, TPU Rorotan Mulai Ramai Kedatangan Jenazah Pasien Covid-19

Setelah tiba di jalan yang membatasi kedua blok makam, tampak petugas berpakaian APD lengkap turun dari ambulans dan menyiapkan peralatan pemakaman.

Karena jalanan yang membatasi dua blok makam saat ini masih dipenuhi gundukan tanah merah terkait adanya pengerjaan penataan, para petugas harus mengangkut peti dan berjalan sampai ke liang makam yang sudah disiapkan.

Baca juga: Pembangunan Waduk di Area TPU Rorotan Terkendala Lahan Basah Terguyur Hujan

Empat petugas, dua di sisi depan dan dua di belakang, menenteng bambu yang sudah diikatkan dengan tali tambang ke peti jenazah.

Mereka lalu berjalan pelan dan berhati-hati membawa jenazah ke peristirahatan terakhirnya.

Di lokasi yang sama, sejumlah warga yang merupakan peziarah serta anggota keluarga jenazah juga berdatangan.

Sebagian tampak memerhatikan prosesi pemakaman dari jauh, sementara lainnya memilih mengantarkan sanak kerabat mereka dari dekat.

Meningkatnya kasus corona sejak belakangan ini berkesinambungan dengan melonjaknya jenazah Covid-19 yang dimakamkan.

Suasana di pemakaman khusus Covid-19 TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (8/10/2021).
Suasana di pemakaman khusus Covid-19 TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (8/10/2021). (Gerald Leonardo Agustino/ Tribun Jakarta)

Lurah Rorotan Idham Mugabe menuturkan, memang kenaikan jumlah kedatangan jenazah di TPU Rorotan mulai meningkat drastis sejak akhir Januari.

"Terjadi peningkatan pemakaman di TPU Rorotan itu sejak akhir bulan Januari. Kita lihat di tanggal 28 itu sudah mulai terisi empat hari berturut-turut," kata Idham di kantornya, Rabu siang.

Idham mengatakan, seiring meningkatnya kasus dan jumlah kematian akibat Covid-19, pihak kelurahan juga kembali menjalankan arahan Wali Kota Jakarta Utara terkait peningkatan penanganan pandemi.

Ada langkah-langkah lebih ekstra yang digencarkan ketika kasus meningkat sejak akhir bulan lalu.

"Sesuai dengan arahan dari Pak Wali Kota Jakarta Utara, bahwa untuk peningkatan penanganan Covid-19 di kelurahan itu pertama kita lakukan treatment terhadap warga yang sedang isolasi mandiri untuk mendapatkan bantuan," ucap Idham.

"Kita treatment juga lewat petugas puskesmas yang selalu memantau terkait kondisi dan pemberian obat serta vitamin, kemudian penegakkan terhadap pembatasan masyarakat di PPKM Level 3 ini, terus juga mengaktifkan gugus tugas kita yang posko PPKM bersama tiga pilar kelurahan," tutup Lurah.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved