Jakarta Dikepung Banjir

Kali Ciliwung Meluap Air Terus Naik, Permukiman Warga Kebon Pala Terendam Banjir 1 Meter

Permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur terendam banjir luapan Kali Ciliwung pada Kamis (17/2/2022)

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Tampak permukiman warga Kebon Pala, RW 04 dan RW 05 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur yang terendam banjir luapan Kali Ciliwung, Kamis (17/2/2022) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur terendam banjir luapan Kali Ciliwung pada Kamis (17/2/2022).

Ilham (26), warga setempat mengatakan banjir mulainya mulai merendam permukiman warga RW 04 dan RW 05 Kelurahan Kampung Melayu sekira pukul 03.00 WIB.

"Sekira pukul 05.00 WIB itu ketinggian air sudah mulai naik 75 sentimeter, sampai sekarang ya terus naik sampai 100 sentimeter," kata Ilham saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Kamis (17/2/2022).

Menurutnya banjir luapan Kali Ciliwung ini imbas hujan deras yang mengguyur kawasan Bogor, Depok, dan Jakarta pada Rabu (16/2/2022) malam selama beberapa jam.

Pasalnya pada Rabu malam ketinggian Bendungan Katulampa Bogor dan Pos Pantau Depok mencapai status siaga tiga, sementara pagi hari ini Pintu Air Manggarai berstatus siaga tiga.

Baca juga: Hilang Tiga Hari, Jasad Pemuda Kramat Jati Ditemukan di Aliran Kali Ciliwung

"Air dari Bogor dan Depok sudah sampai Jakarta, sekarang tertahan di Manggarai. Karena di sini kalau hanya hujan lokal (di Jakarta saja) enggak banjir, kalau air kiriman baru banjir," ujarnya.

Petugas PPSU Kelurahan Kampung Melayu, Gunawan menuturkan hingga pagi ini belum ada warga RW 04 dan RW 05 yang mengungsi karena terdampak banjir luapan Kali Ciliwung.

Seorang anak digendong di lokasi banjir di Kebon Pala, RW 04 dan RW 05, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (8/11/2021). Banjir menerpa pemukiman warga akibat luapa Kali Ciliwung pasca-hujan deras.
Seorang anak digendong di lokasi banjir di Kebon Pala, RW 04 dan RW 05, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (8/11/2021). Banjir menerpa pemukiman warga akibat luapa Kali Ciliwung pasca-hujan deras. (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Namun pihak Kelurahan Kampung Melayu sudah menyediakan posko pengungsian mengantisipasi bila air kembali naik, lokasinya di dua sekolah dekat permukiman warga.

"Posko pengungsian untuk ibu hamil juga ada. Tapi sekarang belum ada warga mengungsi, karena rumah sudah dibedah jadi rumah panggung. Jadi bisa bertahan di lantai dua rumah," tutur Gunawan.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved