Tren Staycation Makin Diminati, Villa dan Apartemen di Tiket.com Banyak Diburu Masyarakat

Semenjak pandemi Covid-19, tren staycation kian diminati oleh masyarakat yang ingin melakukan liburan. Villa dan apartemen laris diburu masyarakat.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Wahyu Septiana
KONTAN/Jane Aprilyani
ILUSTRASI Tiket.com - Semenjak pandemi Covid-19, tren staycation kian diminati oleh masyarakat yang ingin melakukan liburan. Villa dan apartemen laris diburu masyarakat. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Semenjak pandemi Covid-19, tren staycation kian diminati oleh masyarakat yang ingin melakukan liburan.

Hal ini terlihat dari tingginya peminat tempat penginapan di berbagai kota Indonesia.

Online Travel Agent (OTA) Tiket.com mencatat, adanya pertumbuhan lini bisnis akomodasi hingga 61% sejak tahun 2021 lalu.

Pertumbuhan ini didukung oleh tingkat booking hotel sebesar 55%, serta pertumbuhan fitur 'Homes' yang meliputi booking villa dan juga apartemen hingga 230%.

"Tiket.com baru meluncurkan Homes pada bulan Agustus 2021. Belum genap setahun, tetapi tiket Homes telah memiliki pilihan properti sebanyak lebih dari 23 ribu," kata VP of Accommodations Tiket.com, Cisyelya Bunyamin, Jumat (18/2/2022).

Baca juga: Tiket.com Catat Pertumbuhan Bisnis Hingga 40% di 2021, Sinyal Pergerakan Roda Pariwisata Nasional?

"Properti tersebut tersebar tidak hanya di Jabodetabek saja, tetapi juga di berbagai kota besar dan destinasi liburan terkemuka, seperti Banten (Anyer), Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Bogor (Puncak), Malang dan Batu, hingga Bali dan kepulauan Nusa Tenggara," tambahnya.

Semenjak tahun 2021, ia mengatakan berbagai pilihan villa dan apartemen pada fitur Homes, laris diburu masyarakat.

ILUSTRASI. Tiket.com
ILUSTRASI. Tiket.com (KONTAN/Jane Aprilyani)

Hal ini menjadi bagian dari sebuah kebiasaan baru bagi masyarakat dalam mencari suasana baru yang lebih segar.

Menurut Cisyelya, banyak orang memanfaatkan momen staycation tidak hanya untuk liburan tapi juga untuk bekerja. 

Istilah WFH, kini bukan lagi sebagai work from home melainkan juga work from hotel pada destinasi dalam kota maupun di tempat wisata.

"Kegemaran masyarakat untuk memilih staycation sebagai opsi liburan atau sambil bekerja, juga menjadi rejeki bagi para pemilik properti yang menyewakan villa dan apartemen miliknya melalui Tiket.com,"

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Tiket.com Tawarkan Promo Liburan ke Destinasi Domestik dan Internasional

"Bisnis sewa properti seperti ini menunjukkan tren pertumbuhan positif dan dapat menjadi sebuah solusi pendapatan tambahan secara pasif (passive income) tanpa harus mencari pekerjaan sampingan," imbuhnya.

Adapun saat ini, kata dia Tiket.com telah memiliki 17 juta pengguna, dengan jumlah kunjungan rata-rata sebanyak 300.000 pengguna pada kanal Tiket Homes setiap bulannya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved