PON Aceh Sumut 2024

Deklarasi PON Aceh-Sumatera Utara, Ketum KONI Harap Penyelenggaraan Bisa Lebih Baik dari Sebelumnya

Deklarasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh – Sumatera Utara, telah dilaksanakan di Anjong Mon Mata komplek Pendopo Gubernur Aceh.

Editor: Wahyu Septiana
Dok KONI Pusat
Deklarasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh – Sumatera Utara, dihadiri Gubernur Edy Rahmayadi, Gubernur Nova Iriansyah, Ketua KONI Marciano Norman, dan Menpora Zainudin Amali 

TRIBUNJAKARTA.COM -Deklarasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di AcehSumatera Utara, telah dilaksanakan di Anjong Mon Mata komplek Pendopo Gubernur Aceh di Banda Aceh, Kamis (24/2/2022).

Deklarasi tersebut dilakukan pasca Rapat Koordinasi membahas kesiapan PON yang diselenggarakan di dua provinsi.

Acara deklarasi itu dihadiri Menpora Zainudin Amali, Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, dan Gubernur Sumatera Utara Letjen TNI Purn Edy Rahmayadi.

Gubernur Aceh mengawali rapat koordinasi dengan melaporkan kesiapan provinsi yang dipimpinnya sebagai tuan rumah PON XXI/2024.

Ia menyampaikan target pekerjaan tahun ini antara lain menetapkan sebaran lokasi Cabang Olahraga (Cabor), Master Plan, Usulan pembangunan, penyusunan master plan serta Detail Engineering Design (DED).

Selain itu pembentukan Panitia Besar (PB) PON, pembangunan sarana prasarana, penetapan Technical Delegate (TD), dan rapat koordinasi lanjutan.

Baca juga: Peran Olahraga Barongsai Terhadap Sport Tourism Besar, PB FOBI Harap Bisa Dipertandingkan di PON 

Rencananya pada tahun depan sudah melaksanakan Chef de Mission (CdM) Meeting pertama, dan entry by number.

Komplek Stadion Kuta Malaka menurutnya akan menjadi lokasi pembukaan PON XXI selain menjadi tempat pertandingan sepak bola.

“Kami sudah sepakat untuk dipimpin langsung oleh Ketua Umum KONI dan sudah dilaporkan kepada Menpora,” kata Edy Rahmayadi, dalam keterangan resminya, Jumat (25/2/2022).

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi pada acara kerja sama PSSI-BRI, Rabu (1/8/2018).
 Edy Rahmayadi pada acara kerja sama PSSI-BRI, Rabu (1/8/2018). (MUHAMMAD ROBBANI/BOLASPORT.COM)

Ia melaporkan bahwa sarana prasarana, akomodasi, transportasi dan rumah sakit sudah siap digunakan.

Selanjutnya, Marciano Norman berharap penyelenggaraan PON Aceh-Sumatera Utara diharapkan bisa lebih baik dari sebelumnya.

“Selama ini kita selalu melaksanakan (PON) di satu provinsi, tetapi untuk Aceh-Sumatera Utara pertama kali kita adakan di dua provinsi."

"Koordinasi yang baik antara dua gubernur, dua kadispora, dua KONI Provinsi, saya yakin PON kali ini lebih baik dari sebelumnya,”  kata Marciano Norman.

Selain itu, kualitas pembinaan olahraga autentik juga dijadikan isu pada PON mendatang.

Ketua KONI Pusat, Marciano Norman memberikan sambutan di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tahun 2021 pada tanggal 8 Desember 2021 di Hotel Sultan Jakarta.
Ketua KONI Pusat, Marciano Norman memberikan sambutan (Dok KONI Pusat)
Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved