Apa Jadinya Sirkuit Mandalika Setelah Dipakai MotoGP dan WSBK? Balap Mobil Bisa Dilaksanakan di Sana

Meski peruntukannya untuk menggelar balapan MotoGP hingga WSBK, namun Sirkuit Mandalika mampu pula dijadikan arena balap kendaraan roda empat.

Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Foto udara Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (23/1/2022). Meski peruntukannya untuk menggelar balapan MotoGP hingga WSBK, namun sirkuit mandalika mampu pula dijadikan arena balap kendaraan roda empat. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Meski peruntukan utamanya adalah untuk menggelar balapan MotoGP hingga WSBK, namun Sirkuit Mandalika mampu pula dijadikan arena balap kendaraan roda empat.

Hal ini disampaikan oleh Denny Pribadi, pembalap rally nasional.

Meski bukan sekelas Formula 1, namun ada beberapa balapan roda empat menarik lainnya yang bisa digelar di sirkuit yang berada di Lombok Tengah ini seperti GT 3, touring car racing dan banyak lainnya.

"Banyak yang bisa digelar. Seperti Jerman punya DTM, (deutsche tourenwagen master, Jepang punya Japan Touring Car, Indonesia juga harus punya itu. Itu terkenal juga diluar F1," ucapnya saat ditemui Warta Kota di Epiwalk, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (27/2/2022).

Pembalap yang pernah juara nasional di kejuaraan Retro Championship ini optimis kejuaraan roda empat akan sukses digelar di Sirkuit Mandalika.

Mengingat MGPA juga berencana mendatangkan pembalap internasional ke Mandalika.

Baca juga: Nasib Sirkuit Mandalika setelah MotoGP akan Seperti Ini, Penjelasan Dirut MGPA

Adanya Sirkuit Mandalika juga membuat sarana pembalap nasional, bahkan bibit-bibit pembalap nasional akan bermunculan.

Saat ini saja, Indonesia telah memiliki pembalap roda empat yang sudah dikenal luas, seperti Emmanuelle Amandio yang berjaya di Russian Drift tahun 2021 lalu.

Foto udara Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (23/1/2022). Progres pembenahan race track dan sarana penunjang Pertamina Mandalika International Street Circuit sudah mendekati 100 persen dan ditargetkan rampung pada Februari 2022 untuk digunakan pada perhelatan MotoGP Grand Prix of Indonesia yang diselenggarakan pada 18-20 Maret 2022.
Foto udara Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (23/1/2022). Progres pembenahan race track dan sarana penunjang Pertamina Mandalika International Street Circuit sudah mendekati 100 persen dan ditargetkan rampung pada Februari 2022 untuk digunakan pada perhelatan MotoGP Grand Prix of Indonesia yang diselenggarakan pada 18-20 Maret 2022. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

"Apalagi ini ada sirkuit mandalika, pasti bertambah lagi, dan pembalap Indonesia bisa pentas di dunia. Saya dulu pernah bilang, fasilitas pendukung yang diperlukan, dan kini ada di Mandalika untuk bisa dipakai di Indonesia, tak hanya internasional saja," tambahnya.

Pemilihan racing lain yang tak jauh beda antara roda empat dan roda dua turut membuat Sirkuit Mandalika jadi tempat balapan nan seru dan ideal.

Bedanya hanya di jarak pengereman, dimana motor lebih dekat dibanding mobil.

"Saya juga yakin sponsor akan berdatangan dengan Sirkuit Mandalika yang baru ini," tutupnya.

Baca juga: Adik Valentino Rossi Buat Kejutan Kalahkan Marquez di Hari Kedua Tes Pramusim MotoGP Mandalika

Pengaspalan ulang Sikuit Mandalika

Pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika tengah berlangsung seusai mendapat masukan usai pre season MotoGP Mandalika digelar beberapa minggu lalu.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved