Ternyata Lokasi di Banten Ini Jadi Tempat Favorit Penyelundupan Narkoba, Polisi Beri Alasannya

Polres Pandeglang berhasil menggagalkan penyelundupan 23 kilogram narkoba jenis sabu dan menangkap 7 orang tersangka pada Selasa (8/3/2022) pagi.

(Dokumentasi Polda Banten)
Pesisir Banten Jadi Pintu Masuk Narkoba 

TRIBUNJAKARTA.COM, SERANG - Polres Pandeglang berhasil menggagalkan penyelundupan 23 kilogram narkoba jenis sabu dan menangkap 7 orang tersangka pada Selasa (8/3/2022) pagi.

Para tersangka memanfaatkan pesisir pantai di Desa Kertajaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang untuk menyelundupkan sabu asal China tersebut.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho membenarkan hal tersebut.

Dia berkata, pesisir Banten yang panjang dijadikan lokasi masuknya narkoba, terutama di wilayah Banten Selatan yakni Pandeglang dan Lebak.

Untuk diketahui, Provinsi Banten memiliki garis pantai sepanjang 499,62 kilometer.

Baca juga: Geledah Sarang Pengedar, Polisi Malah Temukan Sabu Senilai Rp 4 Miliar di Kandang Ini

"Daerah pesisir telah menjadi sasaran masuknya narkoba ke wilayah Banten karena kondisi geografis pantai yang cukup panjang dan lokasi yang masih dalam kategori blank spot area," kata Rudy melalui keterangan tertulisnya Jumat (11/3/2022).

Dikatakan Rudy, panjangnya garis pantai dan banyaknya area blank spot terutama di wilayah Lebak dan Pandeglang menjadi atensi Polda Banten untuk meningkatkan kegiatan kepolisian.

"Faktanya benar bahwa pengungkapan narkoba skala besar di Kecamatan Sumur, Pandeglang menjadi keberhasilan Polda Banten dalam mengelola kegiatan kepolisian di daerah pesisir pantai," ujar Rudy.

Baca juga: Demi Lunasi Utang Orangtua, Driver Ojol Ini Nekat Jadi Pengedar Sabu dan Ganja

Rudy mengintrusikan kepada seluruh jajarannya dan personel untuk terus menjaga dan berpatroli pada garis pantai di selatan Banten.

Selain itu, Rudy juga meminta untuk menindak secara tegas para pelaku penyalahgunaan narkoba karena merusak generasi muda Indonesia khususnya Provinsi Banten.

“Jangan biarkan narkoba masuk melalui area pesisir yang memanfaatkan blank spot sinyal di wilayah tersebut, lakukan penindakan tegas terhadap pelaku yang merusak generasi muda kita,” ucap Rudy. Diketahui, pesisir Banten juga pernah menjadi lokasi masuknya 1 ton sabu asal China ke Indonesia melalui Pantai Anyer, Kabupaten Serang pada 13 Juli 2017 lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi: Garis Pantai Pesisir Banten yang Panjang Jadi Pintu Masuk Penyelundupan Narkoba" 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved