Wacana Duet Sahroni-Airin di Pilkada DKI 2024, Pengamat: Peluang Ada, Tapi Belum Teruji

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menilai, duet Ahmad Sahroni dan Airin Rachmi Diany untuk maju Pilkada DKI 2024 sangat berat

ISTIMEWA/Kolase Tribun Jakarta
Duet Ahmad Sahroni-Airin Rachmi Diany - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menilai, duet Ahmad Sahroni dan Airin Rachmi Diany untuk maju Pilkada DKI 2024 sangat berat 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menilai, kans duet Ahmad Sahroni dan Airin Rachmi Diany untuk maju dalam Pilkada DKI 2024 sangat berat.

Meski Airin sempat dua periode menjadi Wali Kota Tangerang Selatan, menurutnya duet ini belum teruji untuk maju dalam Pilkada DKI.

"Saya melihat lawannya berat nih, lawannya ada Anies, kalau dia enggak maju Pilpres, kemudian Ahmad Riza Patria, dan lainnya," ucapnya saat dihubungi, Sabtu (12/3/2022).

“Peluangnya masih fifty-fifty, kesempatan peluangnya bisa menang dan bisa kalah. Punya peluang, tapi belum teruji juga,” tambahnya menjelaskan.

Menurutnya, ada tiga indikator yang harus diperhatikan NasDem dan Golkar sebelum benar-benar berkoalisi mengusung Sahroni-Airin maju dalam Pilkada DKI pada 2024 mendatang.

Baca juga: Wacana Duet Sahroni-Airin di Pilkada DKI Curi Perhatian, NasDem: Mereka Punya Posisi Tawar Menarik

Pertama ialah soal popularitas, kemudian elektabilitas, dan terakhir ialah aksesibilitas.

“Inilah yang harus perlu diuji, ada tiga indikator untuk mengukur sejauh mana pasangan ini,” tuturnya.

Ahmad Sahroni, Surya Paloh, Airlangga Hartanto, Airin Rachmi Diany
Ahmad Sahroni, Surya Paloh, Airlangga Hartanto, Airin Rachmi Diany (ISTIMEWA)

Sebagai informasi, duet Sahroni-Airin mencuat setelah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Nama Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni dan politisi Golkar Airin Rachmi Diany pun sempat disebut Airlangga.

Dilansir dari Tribunnews.com, Airlangga menyebut, bahwa dalam silaturahmi itu, tak hanya membahas persoalan makro, namun juga terkait persoalan mendetail antar kedua partai.

Untuk diketahui, nama Sahroni dan Airin santer akan diduetkan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 mendatang.

Baca juga: Sudah Teruji di Tangsel, Airin Diyakini Kuat Bakal Melenggang di Pilkada Jakarta

"Ditambah lagi tadi juga kita melihat hadir juga di sini Ibu Airin dan Pak Sahroni," kata Airlangga di Kantor DPP NasDem, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/3/2022).

"Sehingga pembahasannya kita ketahui tidak hanya berbicara makro tapi kita juga mikro yang detail, demikian," lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 1 DPP NasDem Effendy Choirie menyatakan Nasdem akan berkomunikasi dengan Golkar untuk merealisasikan pasangan Sahroni-Airin.

Airin Rachmi Diany (kiri) dan Ahmad Sahroni (kanan).
Airin Rachmi Diany (kiri) dan Ahmad Sahroni (kanan). (Tribun Network)

"Itu kita tawarkan dulu ke publik, nanti kemudian orang mungkin memantaskan, cocok, akhirnya kan elektabilitas popularitasnya tinggi, likeabilitasnya oke," ujar Choirie, Rabu (5/1/2022).

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved