Kakak Asyik Main Sama Temannya, Bocah 5 Tahun Hanyut Terseret Arus di Kali Induk Jaktim

Aqila Ramadania (5), warga Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur yang hanyut di aliran Kali Induk pada Kamis (17/3) belum ditemukan.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
Damkar Jakarta Timur
Personel Damkar Jakarta Timur pencarian Aqila Ramadania (5) di aliran Kali Induk, Kecamatan Kramat Jati, Jumat (18/3/2022) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Aqila Ramadania (5), warga Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur yang hanyut di aliran Kali Induk pada Kamis (17/3/2022) belum ditemukan.

Bocah perempuan malang itu dilaporkan hanyut saat bermain di saluran air.

Lokasinya tepat berada di depan kantor Kelurahan Tengah yang terhubung ke Kali Induk sekira pukul 17.00 WIB.

Lurah Tengah Suwindarto mengatakan Aqila hanyut saat bermain bersama sang kakak dan anak-anak lain di saluran air Jalan Al Bariyah.

Saat itu, kondisinya sedang hujan deras.

Baca juga: Berawal Main, Bocah Perempuan 5 Tahun Hanyut di Kali Induk Kramat Jati

"Karena kakaknya sibuk dengan teman-temannya sehingga adiknya yang berumur 5 tahun ini di luar pengawasan (terseret arus)," kata Suwindarto di Jakarta Timur, Jumat (18/3/2022).

Sementara merujuk keterangan warga saksi kejadian, saat terseret di saluran air yang menuju Kali Induk tersebut korban sempat meminta tolong karena tidak mampu melawan arus.

Personel Damkar Jakarta Timur pencarian Aqila Ramadania (5) di aliran Kali Induk, Kecamatan Kramat Jati, Jumat (18/3/2022)
Personel Damkar Jakarta Timur pencarian Aqila Ramadania (5) di aliran Kali Induk, Kecamatan Kramat Jati, Jumat (18/3/2022) (Damkar Jakarta Timur)

Nahas warga yang melihat beranggapan bahwa korban hanya sedang bermain di saluran air saat debit air naik terdampak hujan, sehingga tidak melakukan pertolongan.

"Sempat warga melihat anak tersebut minta tolong. Namun katanya karena anak-anak kecil di sini sudah terbiasa dan katanya dianggap itu seperti kayak bercanda," ujarnya.

Suwindarto menuturkan petugas gabungan dari Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, dan pihak lain hingga kini masih berupaya melakukan pencarian.

Pihak Kelurahan Tengah juga sudah memasang foto korban guna membantu proses identifikasi, sehingga bila korban ditemukan dapat langsung dilaporkan ke petugas gabungan.

"Ciri pakaian korban menurut informasi orangtuanya warnanya pink. Fotonya sudah kita pasang di papan pengumuman sehingga masyarakat kalau ada yang mengetahui bisa segera lapor," tuturnya.

Personel Damkar Jakarta Timur saat proses evakuasi Aqila Ramadania (5) di aliran Kali Induk, Kramat Jati, Kamis (17/3/2022). 
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses evakuasi Aqila Ramadania (5) di aliran Kali Induk, Kramat Jati, Kamis (17/3/2022).  (Istimewa)

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan pihaknya menerima laporan evakuasi pada Kamis pukul 21.45 WIB.

Nahas setelah proses pencarian hingga pukul 23.25 WIB korban belum ditemukan sehingga pencarian dihentikan sementara dan hari ini kembali dilanjutkan dengan menyisir Kali Induk.

"Dari pukul 08.00 WIB tadi kita sudah mulai lanjutkan pencarian. Untuk pencarian kita koordinasi dengan jajaran samping (petugas gabungan)," kata Gatot.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved