Wakil Ketua BKSAP Dorong Delegasi IPU 144 Bawa Cinderamata dari Bali

Putu Supadma Rudana mengatakan Sidang IPU 144 di Bali International Convention Center (BICC) Nusa Dua, akan memulihkan perekonomian dan pariwisata.

Editor: Wahyu Septiana
Istimewa
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Putu Supadma Rudana 

TRIBUNJAKARTA.COM - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Putu Supadma Rudana mengatakan Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) 144 di Bali International Convention Center (BICC) Nusa Dua, akan memulihkan perekonomian dan pariwisata.

Sebab, Bali merupakan destinasi utama dari pariwisata Indonesia.

"Tujuan utama adalah sumbangsih bagi rakyat Indonesia dan pemerintah, yaitu mengawali pasca pandemi Covid-19," kata Putu dalam keterangan persnya, pada Sabtu, (19/3/2022).

"Kita harap momentum awal untuk kembali pulihnya perekonomian dan pariwisata. Kami BKSAP terus menggaungkan," tambahnya

Selama ini, kata dia, masyarakat Indonesia dan dunia menghadapi pandemi Covid-19.

Selama 2 tahun terakhir, semua tidak mudah untuk bepergian, tidak mudah traveling, tidak mudah untuk meeting atau konvensi dan sidang-sidang.

Baca juga: Wakil Ketua BKSAP Sebut Sidang IPU di Bali Bahas Upaya Perdamaian Tanpa Delegasi Rusia dan Ukraina

Tapi gayung bersambut, Putu mengatakan bahwa pemerintah saat ini sudah membuka diri dengan kembali mengoperasionalkan Bandara Ngurah Rai dan menghapuskan karantina.

Sehingga, Sidang IPU 144 bisa digelar di Bali dan dihadiri sekitar 115 negara, delegasi sekitar 1.000 orang, dan ketua parlemen ada 33 orang.

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana. (Istimewa)

"Kami kemarin menyuarakan promosi IPU di luar negeri dengan tantangan bahwa belum selesai pandemi, tapi namanya promosi harus dilakukan diawal," katanya.

"Ini perjuangan kami meyakinkan pemerintah, khususnya Pak Menteri Koordinator Maritim dan Investaai agar membebaskan karantina," ujar Anggota DPR asal daerah pemilihan (dapil) Bali ini.

Tentu, Putu mengatakan Sidang IPU 144 ini menjadi momentum yang baik bagi Indonesia untuk hadir kembali dan telah siap bersama masyarakat dunia, membangun ekonomi, meningkatkan ekonomi, dan memulihkan berbagai hal pasca pandemi.

"Kami harap dengan hadirnya event Sidang IPU 144 ini masyarakat dapat manfaat yang signifikan dan maksimal, dari peningkatan ekonomi, pemulihan pariwisata dan harapannya masyarakat UMKM dapat manfaat begitu besar," jelas dia.

Baca juga: Ada Diskon Alat Olahraga dan ATK hingga Pameran Tanaman di Gramedia BSD Sepanjang Maret 2022

Caranya, kata Putu, setiap delegasi parlementer internasional ini akan didorong untuk menikmati destinasi wisata yang ada di Bali seperti Ubud, Sanur dan lainnya.

Selain itu, para delegasi juga perlu didorong untuk menikmati kuliner serta cinderamata yang ada di Bali berupa kain songket, kain tenun, ukiran patung dan lainnya.

"Ini momentum untuk mendorong mereka para delegasi agar berkunjung ke destinasi lain, tentu koridor waktu paling tidak dampak langsungnya kelihatan," kata dia.

"Kita harus gaungkan mempromosikan segala kerajinan yang terbaik di Bali agar bisa menjadi cinderamata ke negara masing-masing," katanya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved