Hati-Hati! Ada Penipuan Mengatasnamakan Wakil Wali Kota Depok, Minta Sumbangan sampai PIN Rekening

Kasus penipuan dengan mengatasnamakan seorang pejabat dialami oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

Pemerintah Kota Depok
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, meninjau harga bahan pokok di Pasar Agung, Sukmajaya, Kota Depok, Senin (12/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Kasus penipuan dengan mengatasnamakan seorang pejabat dialami oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

Nama Imam digunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk meminta sumbangan kepada sejumlah orang melalui sosial media.

Oleh sebab itu, Imam meminta seluruh warga agar meningkatkan kewaspadaannya dan tidak memberikan uang pada oknum tersebut.

“Modusnya itu biasanya minta sumbangan dan sebagainya. Perihal meminta sejumlah uang saja sudah keliru. Saya, Bapak Wali Kota Depok Mohammad Idris, dan beberapa kepala daerah juga dicatut namanya. Orang tersebut beraksi melalui WhatsApp,” ungkap Imam dilansir dari situs resmi Pemerintah Kota Depok, Selasa (22/3/2022).

Tak hanya itu, Imam mengatakan banyak juga akun bodong di beberapa platform sosial media yang mengaku sebagai dirinya. 

Baca juga: Geramnya Wakil Wali Kota Depok Ada Pengemasan Ulang Minyak Goreng di Sawangan

“Jadi banyak masyarakat yang dirugikan dengan ini. Menurut saya pihak perbankan juga jangan sampai memberi izin kepada pembuat tabungan jika telah terbukti menjadi penipu. Juga harusnya ditangani, kan ada identitas ketika membuat rekening,” jelasnya.

Terakhir, Imam mengatakan bahwa perlu dilakukan kroscek ulang bilamana menemukan adanya aksi minta sumbangan yang mengatasnamakan seseorang atau pun organisasi.

“Ingat modusnya pertama bisa jadi menggalang dana sosial. Kedua bisa jadi mereka pura-pura akan transfer dan meminta rekening serta pinnya yang ada uang malah terkuras,” pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved