Ketua BKSAP Fadli Zon Nilai Suksesnya IPU 144 di Bali Kerja Bersama Parlemen Indonesia

Ketua BKSAP DPR, Fadli Zon menegaskan kegiatan Forum IPU 144 yang digelar di Nusa Dua Bali merupakan kerja bersama parlemen Indonesia.

Istimewa/dokumentasi acara
Pimpinan DPR dan Anggota BKSAP DPR RI dalam kegiatan Forum IPU di Bali. Ketua BKSAP DPR, Fadli Zon menegaskan kegiatan Forum IPU 144 yang digelar di Nusa Dua Bali merupakan kerja bersama parlemen Indonesia, baik Pimpinan DPR maupun seluruh Anggota BKSAP. 

TRIBUNJAKARTA.COM, BALI - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Fadli Zon menegaskan kegiatan Forum IPU (Inter-Parliamentary Union) 144 yang digelar di Nusa Dua Bali merupakan kerja bersama parlemen Indonesia, baik Pimpinan DPR maupun seluruh Anggota BKSAP. 

Sebab, BKSAP mempunyai peran membina, mengembangkan, dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara DPR dan parlemen negara lain, baik secara bilateral maupun multilateral.

Termasuk organisasi internasional yang menghimpun parlemen atau anggota parlemen negara lain, serta menerima kunjungan delegasi parlemen negara lain. 

Namun, Fadli mengungkap sosok yang berhasil membawa Forum IPU 144 diselenggarakan di Pulau Dewata, Bali pada Sabtu-Kamis, 19 hingga 24 Maret 2022, diantaranya Putu Supadma Rudana selaku Wakil Ketua BKSAP sekaligus anggota DPR dari Bali

“Pak Putu Supadma Rudana adalah sahabat saya, sekarang Anggota DPR di Komisi VI sekaligus Wakil Ketua BKSAP. Saya sebagai Ketua BKSAP, jadi selalu bersama beliau keliling ke berbagai negara,” kata Fadli di Bali, Kamis (24/3/2022).

Baca juga: Wakil Ketua BKSAP Dorong Delegasi IPU 144 Bawa Cinderamata dari Bali

Menurut dia, Bali bisa menjadi tuan rumah kegiatan pertemuan delegasi internasional yang tergabung dalam Forum IPU 144 ini berkat promosi yang dilakukan Putu Rudana dan BKSAP kepada parlemen 178 negara maupun Pemerintah Indonesia. 

Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon dan Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana.
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon dan Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana. (Istimewa/dokumentasi acara)

“Kita juga yang memilih Bali, Bli Putu yang menyarankan agar dilaksanakan di Bali. Luar biasa mempromosikan Bali di tiap negara dunia internasional. Jadi ini duta besar Bali juga di internasional, Bli Putu,” ujarnya. 

Karena, Fadli melihat Bali sebagai kota pariwisata paling terpukul dengan adanya pandemi Covid-19. Sebab, Bali perputaran perekonomiannya rata-rata dari wisatawan mancanegara. 

Baca juga: Wakil Ketua BKSAP Sebut Sidang IPU di Bali Bahas Upaya Perdamaian Tanpa Delegasi Rusia dan Ukraina

Makanya, lanjut dia, BKSAP mendorong sama-sama pemerintah untuk ikut menyukseskan Forum IPU 144 digelar di Bali

“Beliau (Putu Rudana) ikut mendorong kami bersama-sama supaya segera dibuka karantina, kita temui beberapa menteri termasuk Pak Gubernur meminta tolong segera dibuka penerbangan internasional. Mudah-mudahan kalau penerbangan internasional sudah normal, saya kira Bali hidup kembali terutama pariwisatanya,” ucapnya. 

Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon dan Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana.
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon dan Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana. (Istimewa/dokumentasi acara)

Sementara Wakil Ketua BKSAP DPR, Putu Supadma Rudana mengaku senang akhirnya event IPU 144 bisa diselenggarakan di Indonesia dan Bali ditunjuk sebagai tuan rumah. 

Karena, kata dia, Bali merupakan destinasi utama dari pariwisata Indonesia. 

“Kita bangga karena selama ini masyarakat Indonesia, Bali dan dunia menghadapi pandemi COVID-19. Selama 2 tahun terakhir, tidak mudah untuk bepergian, traveling, meeting atau konvensi sidang-sidang. Semua sebagian besar dilakukan virtual,” kata Anggota DPR asal Bali ini. 

Gayung bersambut, kata dia, DPR, Ketua DPR Puan Maharani juga menyuarakan ingin Indonesia menjadi tuan rumah. 

Lalu, BKSAP di bawah arahan Fadli Zon bekerja di belakang layar menyuarakan ini karena kerja bersama daripada parlemen Indonesia, baik Pimpinan DPR menjadi tombak maupun anggota DPR lainnya. 

“Tujuan utama adalah sumbangsih bagi rakyat dan pemerintah, yaitu mengawali pasca pandemi COVID-19. Kita harap momentum awal untuk kembali pulihnya perekonomian dan pariwisata. Kami BKSAP terus menggaungkan Indonesia dan Bali siap jadi tuan rumah, semua menunggu kehadirannya di Indonesia,” katanya. 

Dengan begitu, Putu yakin Forum IPU 144 ini jadi momentum yang baik bagi Indonesia untuk meyakinkan kepada dunia bahwa pandemi sudah bisa dikatakan menuju endemi. Tentu, harapannya semua akan kembali pulih pariwisata kedepannya. 

“IPU semua akan dilihat 178 negara menyuarakan tentang Indonesia dan Bali, ini momentum yang baik. Ini menjadi momentum yang baik bagi Indonesia untuk hadir kembali, bahwa Indonesia telah siap bersama masyarakat dunia, membangun ekonomi, meningkatkan ekonomi, memulihkan berbagai hal pasca pandemi. Terima kasih kepada para delegasi yang telah hadir di IPU 144th ini, semoga kita bertemu kembali,” tandasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved