Putu Rudana Dampingi Presiden IPU Pacheco Beli Cendera Mata dan Nikmati Wisata Bali

Presiden IPU, Duarte Pacheco mengunjungi tempat wisata bersama Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana yang ada di Ubud, Bali.

Istimewa/dokumentasi acara
Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU), Duarte Pacheco mengunjungi tempat wisata bersama Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana yang ada di Ubud, Bali pada Jumat, 25 Maret 2022. 

TRIBUNJAKARTA.COM, BALI - Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU), Duarte Pacheco mengunjungi tempat wisata bersama Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana yang ada di Ubud, Bali pada Jumat (25/3/2022). 

Pacheco menikmati destinasi wisata Pulau Dewata usai diselenggarakannya Forum IPU ke-144 di Bali International Convention Center (BICC) Nusa Dua, Bali sejak Senin-Kamis, 20-24 Maret 2022. 

Destinasi pertama, Pacheco bersama putranya Guilherme didampingi Putu Rudana mengunjungi Pasar Ubud. Disana, Pacheco memborong sejumlah baju, kain, ukiran bali hingga asesoris gelang maupun tas hasil kerajinan pelaku UMKM. 

Tampak, Pacheco begitu senang bisa membawa oleh-oleh dari Bali. Bahkan, Pacheco diajarkan mengucapkan terima kasih menggunakan Bahasa Daerah Bali oleh pedagang dan foto dengan kaos yang dibelinya bertuliskan ‘Bali’. 

Baca juga: Ketua BKSAP Fadli Zon Nilai Suksesnya IPU 144 di Bali Kerja Bersama Parlemen Indonesia

“Matur suksma. Thank you,” kata Pacheco usai membayar asesoris ke salah satu pedagang. 

Presiden IPU, Duarte Pacheco mengunjungi tempat wisata bersama Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana yang ada di Ubud, Bali.
Presiden IPU, Duarte Pacheco mengunjungi tempat wisata bersama Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana yang ada di Ubud, Bali. (Istimewa/dokumentasi acara)

Setelah itu, Putu Rudana mengajak Pacheco ke lokasi wisata Sacred Monkey Forest Sanctuary. 

Disini, Pacheco bahagia sekali melihat keindahan alam yang menjadi tempat pariwisata dipenuhi hewan monyet. Sesekali, Pacheco memberi makan monyet tanpa rasa takut. 

Baca juga: Wakil Ketua BKSAP Dorong Delegasi IPU 144 Bawa Cinderamata dari Bali

Duarte mengaku sangat senang berkunjung ke Ubud untuk menikmati keindahan Bali

Ia berharap ekonomi dan pariwasata Bali bangkit kembali pasca pandemi. 

"Saya senang dan bahagia sekali bisa berkunjung ke Ubud, Bali, didampingi sahabat dekat saya Putu Rudana, anggota parlemen Indonesia dari Bali. Seru sekali, tadi saya belanja kaos, belanja gelang, ukiran Bali dan melihat keindahan alam bali di monkey forest yang luar biasa. Masyarakat Bali sangat ramah sekali. Saya berharap pasca pandemi ini banyak warga dunia akan melihat dan berkunjung ke tempat yang luar biasa ini," ujarnya. 

Putu berharap kedatangan Presiden IPU, Duarte Pacheco ke Ubud Bali menunjukan bahwa Bali sudah siap kembali menjadi destinasi utama parisawata dunia. 

“Sebagai tuan rumah, Hari ini saya bersama sahabat saya Presiden IPU, Duarte Pacheco berkunjung ke Ubud, Bali. Saya ingin memperlihatkan kepada beliau filosofi bali yaitu Tri Hita Karana. Melihat secara langsung UMKM dan pariwisata yang mulai menggeliat kembali,” kata Putu sebagai Anggota DPR asal Bali ini.

Selanjutnya, Putu mengajak Pacheco mengunjungi Museum Rudana untuk melihat berbagai macam koleksi karya-karya lukisan sang maestro. Begitu tiba di Museum Rudana, Presiden IPU disambut dengan gamelan tarian Bali

Kemudian, Pacheco bersama anaknya dipercikan tirta suci menurut adat budaya Bali dan didoakan oleh Ibunda Rudana agar selalu dikaruniai kesehatan, keselamatan dan dapat menggaungkan cinta kasih dan perdamaian ke seluruh penjuru dunia. 

Lalu, Pacheco bersama putranya berkeliling melihat koleksi lukisan sang maestro yang ada di Museum Rudana tersebut. Terakhir, Pacheco dikenakan baju adat Bali dan Putu Rudana diberikan cendera mata oleh Presiden IPU. 

"Kami dari museum Rudana mengangkat Pacheco menjadi bagian dari keluarga kehormatan museum Rudana," ucapnya.

Putu berharap Pacheco sebagai Presiden IPU, yang memiliki anggota 178 negara dari seluruh dunia bisa menyampaikan pesan atau mempromosikan Indonesia dan juga Bali ke berbagai negara anggota IPU. Sebab, kata dia, Pacheco sering berkeliling dunia memimpin berbagai sidang. 

“Beliau diharapkan sebagai Presiden IPU sering berkeliling dunia memimpin sidang-sidang 178 negara itu untuk menyuarakan tentang Indonesia dan juga Bali, baik menggaungkan seni budaya, permuseuman dan pariwisata. Oleh karena itu saya meminta beliau sebagai duta promosi Bali, Indonesia ,” katanya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved