Pemprov DKI Anggarkan Rp80 M untuk Bangun Jalur Sepeda sepanjang 2022

Hingga saat ini sudah terbangun 12 kilometer jalur sepeda terlindungi dan 64 kilometer jalur berbagi dengan sepeda di ibu kota.

TRIBUNJAKARTA.COM/MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT
Sejumlah pengendara sepeda motor melintasi jalur sepeda permanen, di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (1/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membangun lagi jalur sepeda sepanjang 2022 ini.

Rencana ini diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

"Jalur sepeda akan dibangun panjang sekali di 2022 ini," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022) malam.

Guna memuluskan rencana tersebut, Pemprov DKI sudah mengalokasi dana sekurang-kurangnya Rp80 miliar untuk pembuatan jalur sepeda hingga akhir tahun nanti.

"Anggaran pastinya saya lupa. Tapi, saya kira di atas Rp80 miliar lebih mungkin," ujarnya.

Orang nomor dua di DKI ini menyebut, pembuatan jalur sepeda ini merupakan bagian dari upaya Gubernur Anies Baswedan menata transportasi di ibu kota.

Baca juga: Tahun Ini, Pemprov DKI Bakal Bangun Jalur Sepeda Sepanjang 190 Km di Jakarta

Ia pun berharap, pembangunan jalur sepeda ini bisa mendorong masyarakat menggunakan kendaraan alternatif ramah lingkungan ini.

"Prinsipnya kami akan fokus pada penataan transportasi yang lebih baik, termasuk juga jalur sepeda. Jalur sepeda ini akan kami tingkatkan setiap tahun, akan kami tambah terus jumlahnya," kata Ariza.

"Supaya memberi kesempatan pada pengguna sepeda untuk mempunyai jalur sendiri dan mendorong masyarakat menjadikan sepeda sebagai alat rekreasi, alat olahraga, dan juga alat transportasi," sambungnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Ahmad Riza Patria, saat menyampaikan pesan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov DKI Jakarta, di Balai Kota, Jumat (29/5/2020).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Ahmad Riza Patria, saat menyampaikan pesan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov DKI Jakarta, di Balai Kota, Jumat (29/5/2020). (Youtube Pemprov DKI Jakarta)

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai gencar membangun jalur sepeda sejak 2019 lalu.

Baca juga: Besi-besi Penyangga di JPO Palmerah Dipreteli Maling, Juru Parkir Sebut DIduga Dicuri Malam Hari

Baca juga: Sehari Diresmikan, JPO Pinisi yang Instagramable dan Ramah Pesepeda Ramai Digunakan Warga

Namun, proyek tersebut sempat terhenti di 2020 lalu akibat pandemi Covid-19 yang melanda ibu kota.

Hingga saat ini sudah terbangun 12 kilometer jalur sepeda terlindungi dan 64 kilometer jalur berbagi dengan sepeda di ibu kota.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved