Tragedi Pilu Sahur Pertama: Satu Keluarga Terluka Usai Gas 3 KG Meledak hingga Rumah Ambruk

Satu keluarga di Kampung Bunisari, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terluka setelah terkena ledakan tabung gas 3 kilogram

Blender Guru
Ilustrasi Ledakan 

TRIBUNJAKARTA.COM, BANDUNG BARAT - Satu keluarga di Kampung Bunisari, RT 05/11, Desa Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terluka setelah terkena ledakan tabung gas 3 kilogram, Minggu (3/4/2022).

Korban ledakan yang terjadi pada 03.30 WIB atau bertepatan dengan waktu sahur itu yakni Bambang (40) dan dua orang anaknya Indri (12), dan Erin (8).

Akibat kejadian ini mereka harus mendapat perawatan di rumah sakit.

Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat, Duddy Prabowo mengatakan, selain menyebabkan tiga orang terluka, ledakan gas 3 kilogram itu juga menyebabkan rumah mereka mengalami rusak berat akibat kejadian tersebut.

"Untuk korban yang terluka cukup parah itu 1 orang, lalu 2 anaknya juga luka tapi ringan, mereka sudah dibawa ke rumah sakit dan sudah diizinkan pulang lagi sekarang," ujarnya saat dihubungi, Minggu (3/4/2022).

Baca juga: Ulah Siswa Bukannya Belajar Malah Rakit Bom Molotov, Satu Sekolah Kaget Saat Dengar Ledakan

Menurutnya, ledakan tabung gas ini diduga akibat selang regulator gas yang bocor karena saat korban menyalakan kompor di waktu sahur, tiba-tiba terjadi ledakan dari tabung gas tersebut.

"Korban hendak sahur, tapi kompornya tidak menyala, kemudian menyalakan kompor dengan cara dipancing menggunakan korek, dan tiba-tiba terjadi ledakan hingga merusak rumah," kata Duddy.

Setelah terjadi ledakan itu, pihaknya juga langsung merobohkan bangunan rumah yang sudah dalam keadaan rusak parah karena berpotensi menimbulkan bahaya, mengingat pondasi bangunan sudah tidak stabil akibat ledakan.

Kondisi rumah warga di KBB setelah terjadi ledakan tabung gas.
Kondisi rumah warga di KBB setelah terjadi ledakan tabung gas. (Istimewa)

"Karena melihat kondisi rumah yang mengkhawatirkan, maka kita berinisiatif untuk merobohkannya agar tidak membahayakan lagi," ucapnya.

Sementara dengan adanya kejadian ini, pihaknya mengimbau agar warga harus rutin mengecek kondisi regulator dan tabung gas 3 kilogram, kemudian jalur kelistrikan untuk menghindari kejadian yang sama terjadi.

"Kami mengingatkan, warga harus rutin mengecek keamanan kompor dan kelistrikan karena potensi ledakan tabung gas dan kebakaran bisa terjadi kapanpun," ujar Duddy.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Tabung Gas Meledak saat Sahur, Satu Keluarga di Bandung Barat Terluka dan Rumahnya Ambruk, 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved