Jenderal Andika Perkasa Siapkan Kekuatan Siber TNI, Benteng Utama Jaga Aset Nasional di Era Digital

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tengah membangun kekuatan siber TNI untuk menjawab tantangan di era digital.

Penulis: Elga Hikari Putra | Editor: Yogi Jakarta
Youtube Jenderal TNI Andika Perkasa
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa saat menerima paparan dari PT Len Industri selaku mitra dlam hal pembangunan jaringan keamanan siber di lingkungan Mabes TNI. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tengah membangun kekuatan siber TNI untuk menjawab tantangan di era digital,

Diharapkan nantinya kekuatan siber TNI bisa menjadi benteng utama menjaga aset nasional di era digital 5.0 seperti saat ini.

Mewujudkan hal itu, yang terbaru Jenderal Andika menerima paparan dari PT Len Industri selaku mitra dalam hal pembangunan jaringan keamanan siber di lingkungan Mabes TNI.

Sistem keamanan siber ini sangat diperlukan terutama dalam mendukung operasional Military Computer Incident Response Team, yang baru saja diresmikan hasil kerja sama TNI dan Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN).

Dilansir dari channel Youtubenya, Jenderal Andika menekankan agar pembangunan jaringan ini diiringi juga pembangunan infrastruktur yang akan mendukung operasional agar maksimal.

Baca juga: Buka Internet Sekarang Marahnya Jenderal Andika Sampai Nunjuk Kolonel Soal Larangan Keturunan PKI

Operation Center yang akan dibangun perlu diberikan tempat khusus agar tidak memaksakan bangunan yang sudah ada.

Jenderal Andika berharap pihak mitra ikut terlibat untuk pemantauan jaringan siber selama masa garansi.

"Saya ingi kalau bisa selama masa garansi ini ada teknisi dari mitra yang setiap hari mengawaki tahu persis operasional dari A sampai Z," ujarnya dilansir dari Youtube Jenderal TNI Andika Perkasa, Senin (4/4/2022).

Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa saat menerima paparan dari PT Len Industri selaku mitra dlam hal pembangunan jaringan keamanan siber di lingkungan Mabes TNI.
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa saat menerima paparan dari PT Len Industri selaku mitra dlam hal pembangunan jaringan keamanan siber di lingkungan Mabes TNI. (Youtube Jenderal TNI Andika Perkasa)

Pembangunan jaringan pertahanan siber ini akan dilaksanakan dengan dua tahap, dan mencakup sebanyak 43 satuan kerja di bawah Mabes TNI.

Dengan dibangunnya infrastruktur siber ini diharapkan dapat meningkatkan pertahanan siber TNI untuk menjaga aset nasional Indonesia.

Perbolehkan keturunan PKI jadi prajurit TNI

Sebelumnya, Jenderal Andika menjadi sorotan karena kebijakannya memperbolehkan keturunan PKI menjadi prajurit TNI.

Hal itu dikatakannya saat itu memimpin Rapat Koordinasi Penerimaan Prajurit TNI (Akademi, PA PK, Bintara, dan Tamtama) Tahun Anggaran 2022.

Dalam rapat itu, Jenderal Andika mempertanyakan poin nomor 4 tentang adanya larangan bagi keturunan tertentu untuk menjadi prajurit TNI.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved