Ramadan 2022

Istimewanya Masjid Al Alam Marunda, Tak Pernah Terendam Banjir Rob Meski Sangat Dekat dengan Laut

Meski hanya berjarak ratusan meter dari laut, masjid yang berlokasi di RW 07 Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, itu tak pernah sekalipun.

Gerald Leonardo Agustino/TribunJakarta.com
Masjid Al Alam Marunda yang berlokasi di RW 07 Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, disebut tak pernah terendam banjir rob. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - "Wallahu'alam," ucapan itu yang dilontarkan Kusnadi, pengurus Masjid Al Alam Marunda, ketika diajak berbincang-bincang soal lokasi masjid yang sangat dekat dengan laut.

Meski hanya berjarak ratusan meter dari laut, masjid yang berlokasi di RW 07 Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, itu tak pernah sekalipun terendam banjir rob.

Kusnadi sampai merinding tatkala menceritakan pengalamannya sejak kecil tinggal dan besar di sekitar Masjid Al Alam sampai akhirnya menjadi pengurus masjid tersebut belasan tahun belakangan.

Puluhan tahun menjadi warga Marunda, sama sekali tak pernah dilihat Kusnadi air laut merendam area Masjid Al Alam.

Bahkan, kesaksiannya soal banjir rob yang tak pernah merendam Masjid Al Alam sempat pernah tak dipercayai pihak Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Selama Ramadan, Masjid Al Alam Marunda Bagikan Makanan Berbuka Puasa Kepada Para Musafir

"Saya bilang waktu ada Asisten Gubernur kemari, beliau nggak percaya masjid ini nggak pernah kena rob," kata Kusnadi saat ditemui baru-baru ini.

Sepengalaman Kusnadi, ketika banjir rob menerjang wilayah Marunda, air pasang laut hanya akan merendam permukiman di sekitar masjid tersebut.

Masjid Al Alam Marunda yang berlokasi di RW 07 Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, disebut tak pernah terendam banjir rob.
Masjid Al Alam Marunda yang berlokasi di RW 07 Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, disebut tak pernah terendam banjir rob. (Gerald Leonardo Agustino/TribunJakarta.com)

Jalanan dan sekolah yang berjarak ratusan meter dari laut Marunda pastinya akan terendam banjir.

"Karena posisi tanah menurun, pernah kejadian pas kmrn bulan 11 yang pada tenggelam kontainer, di sini air juga besar," katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved