Survei Capres 2024: Elektabilitas Ganjar di Atas Prabowo, Anies Baswedan Lengkapi 3 Besar

Hasil jajak pendapat lembaga survei SMRC menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo berada di urutan teratas dalam bursa calon presiden 2024 mendatang.

Kolase dok. Tribunnews
Elektabilitas bakal kandidat capres Pemilu 2024 Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo. Hasil jajak pendapat lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo berada di urutan teratas dalam bursa calon presiden (capres) 2024 mendatang. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM - Hasil jajak pendapat lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo berada di urutan teratas dalam bursa calon presiden 2024 mendatang.

Dalam pertanyaan semi terbuka dengan menyodorkan 43 nama kandidat capres, Gubernur Jawa Tengah ini mendapat 18,1 persen suara.

Kemudian, Prabowo Subianto menduduki posisi kedua dengan 17,6 persen dan Anies Baswedan melengkapi tiga besar dengan 14,4 persen.

Sosok lain, seperti Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hingga Basuki Tjahaja Purnama (BTP) hanya meraih suara kurang dari 4 persen.

Dalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube SMRC TV, Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas menuturkan, elektabilitas Ganjar menanjak dalam setahun terakhir ini.

Baca juga: Hasil Survei: Jokowi Masih Teratas, Anies-Puan Pilihan Favorit

"Suara untuk Ganjar naik dari 8,8 persen pada survei Maret 2021 menjadi 18,1 persen pada Maret 2022," ucapnya, Kamis (7/4/2022).

Walau demikian, ia menyebut, elektabilitas politisi PDIP ini cenderung stagnan dalam tiga bulan terakhir.

Kolase foto Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.
Kolase foto Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. (Tribun Jakarta)

“Walaupun suara Ganjar mengalami peningkatan signifikan dalam setahun terakhir, namun cenderung datar dalam tiga bulan terakhir. Dari 19,2 persen pada Desember 2021 menjadi 18,1 persen pada Maret 2022," ujarnya.

Sebagai informasi, jajak pendapat diikuti oleh 1220 responden yang dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling.

Baca juga: Hasil Survei: PDIP, Gerindra dan Golkar Tiga Besar, Elektabilitas PSI 6,1 Persen

Para responden merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yaitu mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Adapun survei dilakukan secara tatap muka oleh pewawancara terlatih pada periode 13 sampai 20 Maret 2022.

Hasil jajak pendapat ini memiliki Margin of Error sebesar plus minus 3,12 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved