Buntut Palsukan Tanda Tangan JK, Arief Rosyid yang Dipecat DMI Kini Diminta Mundur dari YPIC

Arief Rosyid diminta mundur dari posisi Plt YPIC buntut kasus pemalsuan tanda tangan Ketua Umum DMI Jusuf Kalla.

Tribunnews.com
Muhammad Arief Rosyid Hasan, mantan Ketua Umum PB HMI atau Himpunan Mahasiswa Islam. Arief Rosyid diminta mundur dari posisi Plt Yayasan Perkaderan Insan Cita (YPIC) buntut kasus pemalsuan tanda tangan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Arief Rosyid diminta mundur dari posisi Plt Yayasan Perkaderan Insan Cita (YPIC) buntut kasus pemalsuan tanda tangan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla.

Pimpinan pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) resmi memecat Arief Rosyid dari kepengurusan dan keanggotan per Sabtu 2 April 2022.

Pemecatan Arief Rosyid tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Pimpinan Pusat DMI Nomor: 066.H/III/SKEP/PP-DMI/IV/2022 tentang Pemberhentian tetap dari Kepengurusan dan Keanggotaan DMI atas nama Arief Rosyid Hasan.

Kini, YPIC yang yang fokus pada pendanaan perkaderan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini tak ingin terimbas kredibilitasnya akibat permasalahan ini.

Marbawi, pemrakarsa dan salah satu pendiri YPIC berharap Arief Rosyid untuk mengundurkan diri dari Plt Ketua YPIC demi kebaikan Yayasan agar terus dapat dipercaya oleh para kader dan alumni HMI, serta donatur.

Baca juga: Menteri Agama Terbitkan Aturan Baru Pengeras Suara di Masjid, DMI Kota Bekasi: Kami Menyambut Baik 

Kekuatan YPIC pada dasarnya adalah integritas dan moralitas pribadi-pribadi para pendirinya. "Saya tak ingin karena nila setitik rusak susu sebelanga," tegas Marbawi, dalam keterangan tertulis, Kamis (7/4/2022).

Sekalipun peristiwa pemalsuan tandatangan ini terjadi di organisasi lain, tapi dalam keluarga besar dan komunitas HMI.

Sebagai mantan Ketum PB-HMI, Arief Rosyid tentu telah mengerti tentang pedoman-pedoman hukum dan etik kader umat dan bangsa.

"Kita ingin peristiwa ini jadi pembelajaran untuk semua, khususnya Arief Rosyid. Saudara Arief Rosyid punya potensi yang cukup untuk jadi pemimpin nantinya, asal berubah," pungkas Marbawi, Koordinator MPK PBHMI 2008-2010.

Baca juga: Wakil DMI Ungkap hasil Risetnya: 65 Persen Umat Islam Indonesia Tidak Bisa Baca Al Quran

Hingga siang ini, kata Marbawi, dia selaku pemrakarsa YPIC telah meminta klarifikasi dan penjelasan dari Arief Rosyid, namun tidak mendapatkan jawaban dari yang bersangkutan

YPIC adalah Yayasan yang didirikan oleh para mantan Ketum PBHMI, Koordinator MPK PBHMI, mantan Ketum KOHATI, dan mantan Ketua BPL HMI. Selain pendanaan, YPIC juga aktif mengembangkan perkaderan HMI melalui kerjasama dengan PBHMI dan KAHMI.

Dewan Masjid Indonesia Pecat Arief Rosyid dari Kepengurusan

Dewan Masjid Indonesia (DMI) memecat Arief Rosyid dari jabatan Ketua Departemen Ekonomi DMI.

Hal itu disebabkan Arief Rosyid diduga memanipulasi tanda tangan Ketua Umum DMI H.M Jusuf Kalla dan Sekjen DMI H Imam Addaruqutni.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved