Harga Tiket Bus di Terminal Kampung Rambutan Diprediksi Naik Serentak Pada H-10 Lebaran

PO di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur diprediksi bakal menaikkan harga tiket secara serentak pada H-10 Lebaran 2022.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Suasana loket PO di area keberangkatan Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (17/4/2022). Perusahaan Otobus (PO) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur diprediksi bakal menaikkan harga tiket secara serentak pada H-10 Lebaran 2022. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Perusahaan Otobus (PO) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur diprediksi bakal menaikkan harga tiket secara serentak pada H-10 Lebaran 2022.

Ketua Koperasi Karyawan Bis Antar Kota (Kowanbisata) Terminal Kampung Rambutan, Erwin Suryaman mengatakan prediksi tersebut berdasar kenaikan harga tiket di tahun-tahun sebelumnya.

"Sekarang sudah ada tiket yang naik, tapi ada yang belum. Penyesuaiannya mungkin nanti H-10, biasanya seperti itu," kata Erwin di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Senin (18/4/2022).

Menurutnya kenaikan harga tiket keberangkatan yang terjadi baru untuk bus kelas eksekutif ke atas, sementara kelas ekonomi belum ada kenaikan harga tiket keberangkatan.

Kenaikan harga tiket bus antar kota antar provinsi (AKAP) kelas eksekutif di Terminal Kampung Rambutan bervariasi, tergantung pada fasilitas yang disediakan pihak PO.

Baca juga: Ingin Beli Motor Bekas Untuk Lebaran? Simak Beberapa Tips Berikut Ini Agar Tidak Tertipu

"Rata-rata hampir 10-20 persen," ujarnya.

Erwin menuturkan kenaikan harga tiket bus kelas eksekutif, bisnis tergantung masing-masing PO atau menggunakan harga pasar karena tidak ada batasan tarif dari pemerintah.

Dia mencontohkan kenaikan harga tiket bus kelas eksekutif di Terminal Kampung Rambutan yang mulai terjadi, di mana harga keberangkatan masing-masing waktu berbeda.

Suasana di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (10/4/2022)
Suasana di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (10/4/2022) (TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH)

Dalam hal ini harga tiket keberangkatan bus kelas eksekutif mendekati waktu Idulfitri seperti rentan tanggal 28 April-1 Mei 2022 lebih mahal dibanding keberangkatan waktu lain.

Baca juga: Belum Ada Lonjakan Keberangkatan, Terminal Kampung Rambutan Masih Sepi Penumpang

Sementara untuk bus kelas ekonomi, Erwin menyebut terdapat tarif batas yang diatur oleh pemerintah pusat sehingga kenaikan harga tiket tidak terlampau membebani warga.

"Sekarang harga tiket yang naik baru (bus kelas) eksekutif, kalau kelas ekonomi yang mengatur pemerintah. Dibatasi, ada batasnya," tuturnya.

Harga Tiket Bus Ekonomi Naik di Terminal Kampung Rambutan

Perusahaan Otobus (PO) di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur bakal mengikuti tarif batas yang ditentukan pemerintah dalam menaikan tiket bus kelas ekonomi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved