Ramadan 2022

Tips Konsumsi Makanan untuk Penuhi Kebutuhan Kalori Saat Berpuasa

Nutrisionis Widya Fadila M.KM, berbagi tips dalam memilih makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kalori selama berpuasa.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Kata Oma Telur Gabus mengadakan kampanye bertajuk Ramadan yang #BenarBenarAsliAlami, yang menggalakan betapa pentingnya memperhatikan pola konsumsi saat puasa terutama memilih camilan yang asli dan alami 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Menerapkan pola makan yang tepat menjadi kunci agar tubuh bisa selalu sehat dan bugar.

Akan tetapi, seringkali puasa Ramadan menjadi tantangan tersendiri bagi seseorang.

Berbagai jenis takjil di pasaran seperti makanan manis, gorengan, dan lain-lain terasa begitu menggoda untuk dikonsumsi saat berbuka.

Namun perlu diingat, mengkonsunsi sesuatu secara berlebihan tanpa memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan, bisa mendatangkan berbagai penyakit yang tidak diinginkan.

Terkait hal ini, Nutrisionis Widya Fadila M.KM, berbagi tips dalam memilih makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kalori selama berpuasa.

Baca juga: Menu Berbuka Puasa Langka dari Betawi Hadir di Novotel Tangerang, Ada Juga Makanan Timur Tengah

Pertama, kata Widya penting bagi Anda untuk memilih makanan atau minuman yang bukan sekedar manis.

"Mengkonsumsi makanan atau minuman dengan pemanis setelah puasa, memang membantu memulihkan energi dan menyegarkan tenggorokkan. Namun, sebisa mungkin harus mengetahui pemanis apa yang digunakan dari makanan atau minuman yang akan dikonsumsi," kata Widya dalam keterangan Kata Oma Telur Gabus yang diterima TribunJakarta.com baru-baru ini.

Kata Oma Telur Gabus mengadakan kampanye bertajuk Ramadan yang #BenarBenarAsliAlami, yang menggalakan betapa pentingnya memperhatikan pola konsumsi saat puasa terutama memilih camilan yang asli dan alami
Kata Oma Telur Gabus mengadakan kampanye bertajuk Ramadan yang #BenarBenarAsliAlami, yang menggalakan betapa pentingnya memperhatikan pola konsumsi saat puasa terutama memilih camilan yang asli dan alami (ISTIMEWA)

Sebaiknya, hindari makanan yang mengandung pemanis sintetis karena bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Widya menjelaskan, berdasarkan rekomendasi WHO kadar gula harian yang dibutuhkan setiap orang adalah berkisar 10% dari total asupan energi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved