Kebakaran Pasar Gembrong

Kendala Damkar Hingga Butuh 13 Jam Padamkan Api di Pasar Gembrong, Kerugian Capai Rp 1,5 M

Proses pemadaman kebakaran permukiman warga di kawasan Pasar Gembrong, RW 01, Jakarta Timur akhirnya rampung.

TribunJakarta.com/Bima Putra
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses pemadaman api permukiman warga di Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Senin (25/4/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Proses pemadaman kebakaran permukiman warga di kawasan Pasar Gembrong, RW 01, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur akhirnya rampung.

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan proses pemadaman dinyatakan rampung pada Senin (25/4/2022) pukul 10.22 WIB.

"Alhamdulillah proses pemadaman yang dimulai pada Minggu (24/4/2022) pukul 21.17 WIB rampung pukul 10.22 WIB. Tidak ada korban luka dan jiwa," kata Gatot di Jakarta Timur, Senin (25/4/2022).

Dalam proses pemadaman ini sebanyak 27 unit mobil pompa berikut 135 personel gabungan dari Damkar Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat dikerahkan melakukan pemadaman.

Baca juga: UPDATE Kebakaran Pasar Gembrong, Lalu Lintas Mulai Lancar Setelah Sempat Ditutup

Sebanyak 400 bangunan meliputi rumah warga dan toko di sepanjang Jalan Basuki Rachmat ludes diamuk si jago merah sehingga mengakibatkan kerugian materil sekitar Rp 1,5 miliar.

"Untuk kendala pertama ketersediaan sumber air. Di belakang permukiman warga ada kali, tapi airnya sangat keruh dan tidak ada. Ada sangat jauh, di belakang kampus Mpu Tantular," ujarnya.

Personel Damkar Jakarta Timur saat proses pemadaman api permukiman warga di Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Senin (25/4/2022).
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses pemadaman api permukiman warga di Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Senin (25/4/2022). (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Gatot menuturkan dalam proses pemadaman yang berlangsung 13 jam ini pihaknya harus menyambung selang menggunakan unit mobil pompa guna menjangkau sumber air.

Baca juga: Selain Pasar Gembrong, Ini Pasar Tradisional Surga Mainan Anak di Jakarta: Ramai Tiap Momen Lebaran

Selama proses pemadaman arus lalu lintas di Jalan Basuki Rachmat dari arah Pondok Bambu menuju Kampung Melayu dialihkan, sementara arah sebaliknya tetap bisa dilalui pengendara.

"Untuk proses pemadaman sangat lama karena kita harus mengurai satu demi satu rumah, kamar demi kamar. Tapi untuk prosesor lokalisir api bisa dilakukan dalam proses dua jam," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved