Lebaran 2022

Dishub Pastikan 6 Kantong Parkir Disediakan untuk Salat Idulfitri di JIS

Enam kantong parkir disediakan di sekitar area Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Istimewa
Kasudin Perhubungan Jakarta Utara Harlem Simanjuntak mengatakan, pihaknya menyiapkan enam kantong parkir pada peringatan salat Idulfitri 1443 Hijriah mendatang. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino


TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Enam kantong parkir disediakan di sekitar area Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, saat penyelenggaraan salat Idulfitri 1443 Hijriah mendatang.


Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara, Harlem Simanjuntak, menyebut enam kantong parkir itu berada di luar JIS dan memiliki kapasitas berbeda untuk menampung kendaraan masyarakat.


Harlem memerinci, keenam kantong parkir itu antara lain RSPI Sulianti Saroso dengan kapasitas 50 unit mobil dan 150 unit motor, Universitas 17 Agustus dengan kapasitas 80 unit mobil dan 200 unit sepeda motor, serta Graha YKI dengan kapasitas 20 unit mobil dan 50 unit sepeda motor.


"Ada pula Hotel Arcici Sunter dengan kapasitas 50 unit mobil dan 100 unit sepeda motor, Ruko Sunter Nirwana dengan kapasitas 50 unit mobil dan 150 unit sepeda motor," ucap Harlem, Selasa (26/4/2022).


"Termasuk kantong parkir di Kantor Wali Kota Jakarta Utara yang mampu menampung ratusan mobil dan unit sepeda motor," sambung Harlem.

Baca juga: Antisipasi Macet Arus Mudik, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Arteri Kota Bekasi


Menurut Harlem, area parkir di JIS hanya tersedia 1.305 satuan ruang parkir.


Dengan jumlah tersebut, alhasil pihak Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara harus menyiapkan kantong parkir di luar stadion.


Harlem menambahkan, untuk mempermudah jemaah menuju dan kembali dari JIS, dipastikannya sejumlah unit bus sekolah pengumpan atau feeder disediakan pada setiap kantong parkir.


Kecuali pada kantong parkir Kantor Wali Kota Jakarta Utara yang disediakan sepuluh unit bus TransJakarta dengan kapasitas penumpang besar.


"Baik bus sekolah feeder maupun bus TransJakarta akan siap mengantar jamaah menuju JIS sejak pukul 04.00 WIB di setiap kantong parkir yang telah kami tentukan," jelasnya.


Dikonfirmasi terpisah, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara Wawan Budi Rohman menambahkan sejumlah sarana dan prasarana pendukung seperti mimbar dan tempat salat khatib tengah disiapkan.


Tentunya sarpras tersebut disiapkan sesuai dengan titik kiblat yang telah ditentukan oleh tim Biro Pendidikan dan Mental Spritual Provinsi DKI Jakarta.


Termasuk toilet umum portabel dan fasilitas berwudhu yang berkolaborasi dengan PT Aetra dan PT Palyja. 


"Jemaah tidak perlu khawatir terhadap kapasitas salat jamaah salat Id nanti. Setidaknya dari 8.000 jemaah yang kami rencanakan, nyatanya kapasitas di sini bisa lebih dari itu, angkanya mencapai 14.000 jemaah," tutupnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved