Hasil Survei: Prabowo-Puan dan Anies-Puan Unggul, Jenderal Andika Mengejutkan

Peta politik menuju Pemilu 2024 makin menemukan gambarannya.Simulasi Prabowo-Puan dan Anies-Puan.

Grafis Tribunnews/Gilang Putranto
Ilustrasi Pilpres 2024.Peta politik menuju Pemilu 2024 makin menemukan gambarannya.  

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Peta politik menuju Pemilu 2024 makin menemukan gambarannya. 

Sejumlah tokoh diprediksi akan muncul sebagai calon presiden, tentunya jika didukung oleh partai-partai politik yang berhak untuk mengusung, berpasangan dengan calon wakil presiden.

Jika ketentuan mengenai presidential threshold (PT) 20 persen masih berlaku, kemungkinan hanya akan ada tiga pasangan capres-cawapres. 

Center for Political Communication Studies (CPCS) melakukan simulasi pasangan mana saja yang berpeluang untuk maju berkontestasi. 

Hasilnya, pasangan Prabowo-Puan meraih elektabilitas tertinggi mencapai 45,0 persen ketika berhadapan dengan Ganjar-Erick (33,8 persen) dan Anies-AHY (17,0 persen), sisanya tidak tahu/tidak jawab (4,3 persen).

Baca juga: Hasil Survei: PDIP-Gerindra-Golkar Tiga Besar, PSI Naik Berkat Rembuk Rakyat

Dalam simulasi yang lain, Anies-Puan juga unggul dengan elektabilitas 43,0 persen melawan Prabowo-Airlangga (32,3 persen) dan Ganjar-AHY (21,1 persen) dan, sisanya tidak tahu/tidak jawab (2,8 persen).

Agak di bawahnya adalah pasangan Ganjar-Airlangga (38,0 persen) dalam simulasi dengan Prabowo-Erick (35,4 persen) dan Anies-Sandi (20,3 persen), sisanya tidak tahu/tidak jawab (6,3 persen).

Center for Political Communication Studies (CPCS) melakukan simulasi capres-cawapres pada pemilu 2024.
Center for Political Communication Studies (CPCS) melakukan simulasi capres-cawapres pada pemilu 2024. (Istimewa)

Terakhir pasangan Anies-Andika (35,4 persen), berhadapan dengan Prabowo-Sandi (32,3 persen) dan Ganjar-Puan (21,9 persen), sisanya menyatakan tidak tahu/tidak jawab (10,4 persen).

Di antara sejumlah nama cawapres, Puan Maharani dan Airlangga Hartarto memiliki peluang cukup tinggi untuk memenangkan pilpres.

Baca juga: Survei Charta Politika: Khofifah Lebih Moncer di Pilpres Jika Duet dengan Ganjar Ketimbang Anies

Yang cukup mengejutkan adalah kemunculan nama Jenderal TNI Andika Perkasa yang berpeluang menang ketika berpasangan dengan Anies Baswedan.

“Pasangan Prabowo-Puan dan Anies-Puan unggul dalam simulasi Pilpres, sementara Andika tampil mengejutkan sebagai cawapres,” ungkap Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta S.K. dalam keterangan tertulis pada Jumat (29/4/2022).

Menurut Okta, faktor Puan sangat signifikan dalam kompetisi elektoral, terbukti dari tingginya elektabilitas baik berpasangan dengan Prabowo maupun Anies. 

Puan merupakan tokoh kuat PDIP, partai terbesar yang memenangkan dua kali pemilu berturut-turut sejak 2019.

Demikian pula dengan Airlangga, sebagai Ketua Umum Partai Golkar, partai yang selalu memegang posisi penting di setiap pemerintahan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved