Lebaran 2022

Otoritas Bandara Wilayah 1 Sebut Puncak Arus Mudik Bandara Soekarno-Hatta Terjadi Hari Ini

Puncak arus mudik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta diperkirakan terjadi pada hari ini, Jumat (29/4/2022) atau H-3 Lebaran 2022.

TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah 1 Kelas Utama Soekarno-Hatta, Yufridon Gandoz Situmeang mengecek kondisi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (29/4/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Puncak arus mudik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) diperkirakan terjadi pada hari ini, Jumat (29/4/2022) atau H-3 Lebaran 2022.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah 1 Kelas Utama Soekarno-Hatta, Yufridon Gandoz Situmeang.

Meski begitu, dia memprediksi kepadatan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta masih terjadi hingga Sabtu (30/4/2022) besok.

"Puncak arus mudik sebenarnya akan jatuh pada hari ini. Namun, tentunya kita melihat bahwa antusiasme masyarakat masih tinggi, sehingga besok juga kita akan melakukan pengawasan," kata Gandoz di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (29/4/2022).

Menurutnya, pergerakan penumpang mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Puncak Pergerakan Penumpang Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta Terjadi 28 April, Ini Datanya

Pada H-3 ini, penumpang pesawat di Bandara Soetta diperkirakan mendekati 140 ribu orang.

"Kita dari otban melihat bahwa peningkatan sangat signifikan dari kemarin. Di mana, kemarin ada 135 ribu penumpang, sekarang 138 ribu," papar Gandoz.

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah 1 Kelas Utama Soekarno-Hatta, Yufridon Gandoz Situmeang mengecek kondisi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (29/4/2022).
Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah 1 Kelas Utama Soekarno-Hatta, Yufridon Gandoz Situmeang mengecek kondisi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (29/4/2022). (TribunJakarta.com/Ega Alfreda)

Gandoz menuturkan, pihaknya juga menerima pemberitahuan terkait penerbangan tambahan (extra flight).

Hampir semua maskapai yang memiliki rute dari Bandara Soekarno-Hatta mengajukan extra flight.

"Extra flight ini hampir semua maskapai mengajukan karena demand yang sangat tinggi, terutama mengarah ke Jawa Tengah, Jawa Timur, kemudian Sumatera juga ada. Kami dari regulator membuka peluang tersebut," papar Gandoz.

Baca juga: Tak Hanya Penumpang Mudik Melonjak, Penerbangan Kargo di Bandara Soekarno-Hatta Naik 30 Persen

Pemudik atau penumpang pesawat di bandara tersebut diimbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Kami melihat langsung ke lapangan. Semua masyarakat ingin melakukan perjalanan. Oleh karena itu kami menyampaikan bagaimana agar mudik itu aman dan sehat," pungkas Gandoz.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved