Lebaran 2022

Rumang Kosong Pemudik Sasaran Empuk Maling, Polisi di Tangerang Janji Bakal Rajin Patroli

Maka dari itu Polres Metro Tangerang Kota mengintensifkan patroli untuk mewaspadai rumsong pada saat momen mudik Lebaran.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Acos aka Abdul Qodir
TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir
Ilustrasi polisi bersiap patroli rumah kosong pemudik - Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Serpong bersama personel Kodim 05/06 Tangerang menggelar operasi patroli malam, pada Jumat (26/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Rumah kosong di Kota Tangerang yang ditinggalkan warganya mudik menjadi sasaran pencuri pada Lebaran 2022 ini.

Hal tersebut memang kerap kali terjadi setiap arus mudik Lebaran tiap tahunnya.

Maka dari itu Polres Metro Tangerang Kota mengintensifkan patroli untuk mewaspadai rumsong pada saat momen mudik Lebaran.

"Tentunya personel kami dari polres dan polsek melakukan patroli untuk mencegah dan mengantisipasi rawan rumsong," jelas Kasi Humas Polres Metro Tangerang Kota, AKBP Abdul Rachim saat dihubungi, Minggu (1/5/2022).

Rachim mengatakan, pihaknya meminta warga yang hendak pulang mudik Lebaran agar memastikan seluruh akses masuk rumah telah terkunci.

"Selain itu juga pastikan sebelum ditinggalkan, kelistrikan rumah sudah betul-betul dilakukan antisipasi agar tidak terjadi kebakaran," ujar Rachim.

Baca juga: Sebelum Mudik Lebaran, Simak Tips Aman Tinggalkan Rumah dari BPBD

Baca juga: Waspada Kebakaran jelang Lebaran, Satu Rumah di Jagakarsa Ludes Terbakar Diduga Korsleting Listrik

Sementara itu, Lurah Neglasari, Firman juga berpesan kepada warganya yang hendak melakukan perjalanan mudik Lebaran untuk melapor ke pihak RT ataupun RW.

"Warga juga jangan lupa dikunci rumahnya, lapor RT RW untuk mencegah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," pungkasnya.

Satgas Rumsong Polres Metro Jakarta Barat apel kesiapan sebelum gelar patroli rumsong.
Satgas Rumsong Polres Metro Jakarta Barat apel kesiapan sebelum gelar patroli rumsong. (TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Deni Koswara mengataka, penting untuk memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman dari keberangkatan saat mudik hingga pulang.

"Tidak sedikit ada kasus pencurian atau korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran saat rumah ditinggal pemiliknya mudik," ujar Deni kepada wartawan beberapa waktu lalu.

"Maka dari itu, pastikan keadaan rumah dalam kondisi aman mulai dari keberangkatan hingga pulang," sambungnya.

Deni pun memberikan tips-tips bagaimana untuk memastikan keadaan rumah tetap aman saat ditinggal mudik lebaran.

Berikut tipsnya:

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved