Kebakaran Pasar Gembrong

Bantuan Makanan untuk Korban Kebakaran Pasar Gembrong Bakal Dihentikan Besok

Bantuan logistik untuk korban kebakaran Pasar Gembrong, Jakarta Timur bakal dihentikan pada Kamis (5/5/2022).

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TribunJakarta.com/Bima Putra
Warga korban kebakaran di Pasar Gembrong saat mengungsi di belakang kampus Mpu Tantular, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (25/4/2022). TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Bantuan logistik untuk korban kebakaran Pasar Gembrong, RW 01, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur bakal dihentikan pada Kamis (5/5/2022).

Kasi Perlindungan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Sudin Sosial Jakarta Timur, Ridwan mengatakan bantuan dihentikan bila tidak ada permintaan perpanjangan dari Lurah Cipinang Besar Utara.

"Untuk sementara sampai tanggal 5. Selanjutnya kita belum tahu, kecuali kalau memang ada permintaan lagi dari Lurahnya untuk makan siap saji," kata Ridwan saat dikonfirmasi, Rabu (4/5/2022).

Suplai bantuan logistik yang sudah diberikan Sudin Sosial Jakarta Timur sejak 25 april 2022 dihentikan besok sesuai tenggat waktu permintaan distribusi dari Lurah Cipinang Besar Utara.

Hingga kini, Sudin Sosial Jakarta Timur masih menunggu ada atau tidaknya permintaan perpanjangan bantuan logistik dari Lurah untuk warga yang masih bertahan di posko pengungsian.

Baca juga: 2 Hari Lebaran Anies Baswedan, Bikin Ibunya Menangis Hingga Ucap Janji Manis di Pasar Gembrong

"Untuk tenda (posko pengungsian) kita belum tahu (kapan dihentikan) karena masih dibutuhkan. Tapi kalau untuk makan siap saji besok terakhir," ujarnya.

Bantuan makanan siap saji untuk warga Pasar Gembrong sebelumnya dipasok selama tanggal 25-27 April, kemudian diperpanjang selama dua hari hingga tanggal 29 April 2022.

Warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang mengungsi di posko pengungsian berupa tenda darurat, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (25/4/2022)
Warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang mengungsi di posko pengungsian berupa tenda darurat, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (25/4/2022) (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Lalu diperpanjang satu hari hingga tanggal 30 Mei 2022, terakhir diperpanjang sejak 1-5 Mei 2022 berdasarkan permintaan Lurah Cipinang Besar Utara ke Sudin Sosial Jakarta Timur.

Untuk bantuan sandang, Ridwan menuturkan pihaknya sudah menyiapkan bantuan termasuk perlengkapan sekolah berupa seragam, sepatu, dan tas bagi anak korban kebakaran Pasar Gembrong.

"Terutama untuk anak sekolah. Karena kemarin tempat untuk menyimpannya tidak ada sementara kita simpan dulu di Sudin sampai ada waktu yang tepat kita kirim, terutama untuk anak sekolah," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua RW 01 CBU, Maju Saiman Hutabarat mengatakan hingga Senin (2/5/2022) tercatat sekitar 100 kepala keluarga meliputi 400 jiwa yang masih bertahan di posko pengungsian.

Baca juga: Usai Berlebaran, Warga Pasar Gembrong Bakal Kerja Bakti Bersihkan Puing Kebakaran

Jumlah warga yang bertahan di posko pengungsian sudah berkurang karena dibandingkan awal kejadian pada Minggu (24/4/2022) lalu karena sejumlah warga sudah mencari tempat tinggal baru.

"Sebagian sudah ada yang pulang kampung, sebagian pula mencari kontrakan baru untuk sementara​ sehingga bisa ditempati," Saiman, Senin (2/5/2022).

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved