Lebaran 2022

Habis Lebaran, Harga Daging Ayam di Pasar Kramat Turun jadi Rp 40 Ribu Per Ekor

Harga daging ayam di Pasar Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur yang saat hari raya Idulfitri 1443 Hijriah sempat naik kini berangsur tur

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Lapak pedagang daging ayam di Pasar Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (9/5/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Harga daging ayam di Pasar Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur yang saat hari raya Idulfitri 1443 Hijriah sempat naik kini berangsur turun.

Mulyani, satu pedagang daging ayam di Pasar Kramat Jati mengatakan harga ayam per ekor yang sebelumnya sempat mencapai angka Rp 50 ribu kini turun menjadi Rp 45 ribu.

"Untuk yang beratnya 1,6 kilogram sudah turun jadi Rp 45 ribu per ekor. Untuk yang berat 1 kilogram juga turun, dari Rp 31 ribu ke Rp 28 ribu," kata Mulyani di Pasar Kramat Jati, Senin (9/5/2022).

Turunnya harga ayam per ekor di lapak pedagang Pasar Kramat Jati ini sudah terjadi dalam waktu tiga hari terakhir, sehingga jadi angin segar bagi warga dan pengusaha rumah makan.

Menurut para pedagang turunnya harga usai hari raya Idulfitri lumrah terjadi setiap tahunnya karena jumlah pembeli tidak terlampau banyak sebagaimana saat menjelang Idulfitri.

Baca juga: Info Pangan di Massa Lebaran 2022: Harga Cabai Turun, Ayam hingga Telur Malah Meroket

"Iya lumrah. Tapi belum tahu apa masih bisa turun lagi atau bagaimana ke depannya. Karena tergantung dari pihak atas (distributor) sana. Kalau kita (pedagang) ya ikut saja," ujarnya.

Dewi, pedagang daging ayam di Pasar Kramat Jati lain menuturkan berdasar tahun-tahun sebelumnya harga kerap melonjak pada awal bulan dan mendekati hari raya agama.

lapak pedagang daging ayam di Pasar Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (9/5/2022).
lapak pedagang daging ayam di Pasar Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (9/5/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Karenanya dia memprediksi harga daging ayam dapat kembali melonjak mendekati hari raya Iduladha pada bulan Juli 2022 mendatang, di mana terjadi lonjakan jumlah pembeli.

"Sepertinya untuk daging ayam enggak turun lagi dari harga sekarang, yang ada malah naik. Karena sebentar lagi kan juga mau Iduladha, biasanya ada kenaikan harga," tutur Dewi.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved