Lebaran 2022

Usai Lebaran, Produksi Sampah Warga Kota Bekasi Meningkatkan 10 Persen 

Kepala Dinas LH Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan, terjadi peningkatan produksi sampah sepanjang momen lebaran Idulfitri 1443 Hijriah. 

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Aktivitas pemulung di TPST Bantargebang, Kota Bekasi - Kepala Dinas LH Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan, terjadi peningkatan produksi sampah sepanjang momen lebaran Idulfitri 1443 Hijriah.  

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar 

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI UTARA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan, terjadi peningkatan produksi sampah sepanjang momen lebaran Idulfitri 1443 Hijriah. 

"Sebelum (lebaran) banyak, ada peningkatan tapi tidak terlalu signifikan hanya 10 persen hal yang masih wajar," kata Yayan di Kelurahan Teluk Pucung, Bekasi Utara, Rabu (11/5/2022).

Berdasarkan perhitungan Dinas LH, volume sampah H-7 lebaran meningkat 800 ton dari yang biasanya sekitar 7.000 sampai 8.000 ton per hari. 

Sedangkan pasca-lebaran, terjadi peningkatan namun masih lebih rendah jika dibandingkan sebelum hari H Idulfitri

"Justru setelah lebaran kami melihat peningkatan tidak lebih dari dibawah 10 persen, tidak terlalu banyak mungkin beberapa warga masih ada di kampung," jelas dia.

Baca juga: Volume Sampah di TPA Cipayung Meningkat hingga 100 Ton Per Hari Usai Libur Lebaran

Selama arus mudik dan balik lebaran, Yayan memastikan, tidak ada kendala dalam proses pengangkutan sampah ke Tempat Pemnuangan Akhir (TPA). 

"Tidak ada kendala, kemacetan pada saat arus balik hari Sabtu (7/5) beberapa jam, tetapi pengangkut samapah ke TPA masih normal," tegas dia. 

Untuk petugas pengangkut sampah selama lebaran, Dinas LH menerapkan sistem shift dengan jam kerja normal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yayan Yuliana.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yayan Yuliana. (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

"Kita sudah bagi petugas-petugas di lapangan yang sudah stand by di titik tertentu, sudah kami perintahkan semuanya melaksanakan pelayanan dengan penuh," tegas dia.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved