Ini Kronologi Kebakaran di Pulogadung yang Tewaskan James Gordon di Kamar Mandi

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan kebakaran tersebut awalnya dilaporkan warga.

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Bima Putra/TribunJakarta.com
Rumah James Gordon, korban tewas kebakaran yang jenazahnya ditemukan di kamar mandi, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (12/5/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - James Gordon (51), warga Jalan Sambiloto Dalam, RT 03/RW 06, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur tewas dalam kebakaran pada Kamis (12/5/2022).

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan kebakaran tersebut awalnya dilaporkan warga pada pukul 09.36 WIB.

"Saat dilaporkan warga kondisi api sudah memungkinkan merambat. Pengerahan awal kita luncurkan tujuh unit mobil pompa berikut 35 personel," kata Gatot.

Padatnya permukiman warga yang berupa gang kecil membuat api dalam waktu singkat membesar dan menjalar dari satu rumah ke rumah lainnya, termasuk kediaman James.

Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur pun harus menambah jumlah mobil pompa dan personel yang dikerahkan melakukan pemadaman.

Baca juga: James Gordon Tewas Saat Kebakaran di Pulogadung, Mau Padamkan Api Tapi Malah Terjebak di Kamar Mandi

Akses gang kecil juga menyulitkan mobil pemadam untuk masuk ke titik api.

Puluhan personel Damkar yang bertugas harus menyambung selang dari unit mobil pompa mereka hingga masuk ke dalam gang untuk dapat melakukan pemadaman di titik amuk si jago merah.

"Kita mulai pemadaman pukul 09.42 WIB. Total unit mobil pompa yang dikerahkan 15. Dari Jakarta Timur 13, dari Jakarta Pusat dua unit. Total personel yang dikerahkan 75 orang," ujarnya.

Gatot menuturkan upaya pemadaman yang dilakukan akhirnya berhasil mencegah perambatan api di sekitar lokasi pada pukul 09.56 WIB, sehingga jumlah rumah terdampak hanya tiga.

Namun saat proses pemadaman berlangsung, jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur mendapat informasi adanya korban.

Rumah James Gordon, korban tewas kebakaran yang jenazahnya ditemukan di kamar mandi
Rumah James Gordon, korban tewas kebakaran yang jenazahnya ditemukan di kamar mandi, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (12/5/2022).

"Rescue langsung masuk ke dalam. Kita cari ke lantai atas ternyata nihil, tak ada korbannnya. Makanya saya langsung curiga saya sampaikan ke tim rescue, cek kamar mandi," tuturnya.

Saat dicek ke dalam kamar mandi itu personel pemadam mendapati jenazah James sudah terbujur.

Diduga James beralih dari lantai atas ke kamar mandi di lantai bawah karena akses keluar rumah sudah tertutup api dan korban berupaya menyelamatkan diri dengan air di kamar mandi.

"Mencari air untuk pendinginan sendiri. Namun karena pendinginan tak cukup, asap tinggi panas langsung dehidrasi tanpa ada pernapasan karena asap tebal, meninggal dunia di dalam," lanjut Gatot.

Gatot menuturkan, pemeriksaan lokasi kejadian dilakukan oleh tim forensik, sementara jenazah dievakuasi pihak pemadam ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Jajaran Polsek Pulogadung saat melakukan olah TKP kebakaran di Sambiloto Dalam.
Jajaran Polsek Pulogadung saat melakukan olah TKP kebakaran di Sambiloto Dalam, RT 03/RW 06, Kayu Putih, Pulogadung, Kamis (12/5/2022).

Api berhasil dipadamkan pukul 10.55 WIB. Dugaan sementara, kebakaran diakibatkan korsleting listrik.

"Untuk luas area yang terdampak kebakaran sekitar 400 meter, ada tiga rumah terbakar. Kerugian materil akibat kebakaran diperkirakan mencapai Rp 1 miliar," sambung dia.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved